Show simple item record

dc.contributor.authorSa’adah, Susan
dc.date.accessioned2018-10-24T03:35:07Z
dc.date.available2018-10-24T03:35:07Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22555
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemandirian santri tingkat Madrasah Aliyah (MA) di Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan, 2) Pendidikan Pesantren Islam Al Iman Muntilan dalam menumbuhkan kemandirian santri tingkat Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model analisis interaktif, yakni pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemandirian santri tingkat Madrasah Aliyah (MA) lebih banyak didapat melalui pendidikan pondok pesantren nonformal, dalam arti pendidikan nonformal yang didalamnya melingkupi kehidupan keseharian santri berasrama. Dinamika kehidupan santri di pondok pesantren islam al Iman sangat mendukung terbentuknya kemandirian santri baik secara fisik maupun emosional. Kemandirian secara fisik dimulai dengan berkembangnya kapasitas dalam hal self regulation (mengurus diri sendiri) kemudian diikuti dengan meningkatnya self support secara psikologis, 2) Pendidikan Pesantren Islam Al Iman Muntilan dalam menumbuhkan kemandirian santri tingkat Madrasah Aliyah (MA) yaitu menerapkan, memperhatikan dan menghargai kebebasan para santri namun kebebasan itu tidak mutlak dan bimbingan serta pengarahan yang penuh pengertian antara semua pihak, baik kyai, ustadz/pengasuhan dan santri. Keinginan dan pendapat santri diperhatikan dan jika sesuai dengan norma kyai atau sesuai dengan aturan pondok pesantren maka akan disetujui namun jika tidak kyai akan melarangnya. Selain dari pengasuhan dan pengarahan, keteladanan kyai baik ibadah maupun mu’amalah menjadi sumber keberhasilan kemandirian santri. Kata Kunci : Kemandirian, Pesantrenen_US
dc.description.abstractThis research is aimed to know: 1) the independence of Madrasah Aliyah students in PondokPesantren (Islamic boarding school) Islam Al Iman Muntilan, 2) the education of Pesantren Islam Al Iman Muntilan in developing the independence of Madrasah Aliyah students. This is a naturalistic qualitative research. The data of the research were obtained from observation, interview, and documentation then analyzed using interactive analysis method that included data gathering, data display, data reduction, and conclusion. The findings reveal that: 1) the Madrasah Aliyah students’ independence is obtained more through non formal education in their daily life. The dynamic of life in Pesantren Islam Al Iman significantly supports the formation of students’ physical and emotional independence The physical independence is started with the development of self-regulation (being able to take care of themselves) followed by the development of self-support physiologically, 2) the education implemented in Pesantren Islam Al Iman to develop the students’ independence is done by .implementing, paying attention to, and respecting the freedom of the students, but the freedom is not absolute, thereforethe guidance with full of understanding from all parties including kyai (the leader of the school), ustad (teachers) and students involved in this school is needed. The students’ wants and opinions are paid attention. If they are in line with the norms of Kyai and the regulation of the boarding school, the wants and opinions are approved. In addition to the guidance and supervision, the exemplary of Kyai in worshiping Allah and his Mu’amalah become the sources of students’ success in being independent. Key Word : independence, Pesantrenen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMSI UMYen_US
dc.subjectPESANTRENen_US
dc.subjectINDEPENDENCEen_US
dc.titlePENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SANTRI TINGKAT MA (MADRASAH ALIYAH) DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record