METODE MENDIDIK ANAK MENURUT AL-QAHTHANI
Abstract
Berawal dari pentingnya pendidikan dalam suatu bangsa maka diperlukan metode yang tepat dalam pelaksanaan proses pendidikan sehingga terbentuk generasi yang kuat spiritual dan kuat moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang metode mendidik anak menurt al-Qahthani dan bagaimana relevansinya dalam pendidikan keluarga dan pendidikan modern. Penelitian ini diharapkan nantinya dapat menambah khasanah dalam keilmuan pendidikan Islam yang bermanfaat di dalam proses pendidikan dan pembelajaran.
Jenis penelitan ini yaitu penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitan yang mengkaji literature-literatur, dan data yang berkaitan dengan metode mendidik anak menurt Al-Qahthani, dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu analisis isi (content analysis) dan juga menggunakan analisi deduktif dan induktif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode mendidik anak yang ditawarkan oleh Alqahthani dalam Kitab Al-Hady An-Nabawi Fi< Tarbiyati Al-Aula>di Fi< D{aui Al-Kita>b wa As-Sunnah relevansinya terhadap pendidikan keluarga dan pendidikan modern (di Indonesia). Selain itu, sifat penelitian ini deskriptif-analisis, yaitu penelitian yang menjelaskan dan menganalisis data-data yang sudah ada.
Dari pembahasan yang dilakukan maka menghasilkan simpulan sebagai berikut: metode mendidik anak yang ditawarkan oleh Al-Qahthani terdapat sepuluh pokok pembahasan, di mana pendidikan tersebut meliputi pendidikan agama, pendidikan akidah, pendidikan ibadah pendidikan akhlak, pendidikan profesi dan pendidikan jasmani. Sehingga metode yang ditawarkan oleh Al-Qahthani cukup relavan dengan pendidikan keluarga dalam Islam. Selain itu metode mendidik anak tersebut juga sejalan dengan sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia.