MANAJEMEN REDAKSIONAL MEDIA ONLINE KRJOGJA.COM DALAM PEMBERITAAN FILM
Abstract
Yogyakarta telah menempatkan dirinya sebagai kota penting dalam perkembangan film Indonesia. Hal ini tidak bisa dilepaskan juga dengan beragamnya festival film di Yogyakarta. Bagi media massa, pemberitaan tentang film merupakan salah satu peristiwa yang memiliki nilai berita. KRJogja.com merupakan salah satu media online dari group Kedaulatan Rakyat Yogyakarta. Sebagai salah satu media lokal di Yogyakarta, peran KRJogja.com sangatlah penting untuk menjaga eksistensi perfilman di Yogyakarta. Maka diperlukannya manajemem redaksional dalam pemberitaan film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksional KRJogja.com dalam pemberitaan film di Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen redaksional KRJogja.com dalam pemberitaan film sudah dijalankan dengan baik namun belum maksimal, karena ada beberapa hal yang harus dibenahi KRJogja.com untuk kedepannya, seperti jumlah berita per harinya dan staf yang kurang mewadahi. Produksi berita film di KRjogja.com didukung oleh berbagai sumber, salah satunya adalah melalui Agregasi, yaitu mengambil konten berita dari media lain yang notabenya berskala nasional. KRjogja.com mengategorikan berita film sebagai berita soft news yang dibingkai secara ringan atau bisa dikategorikan berita sebagai informasi (news as information). Berita-berita tersebut masuk dalam sub kanal film dan selebrita dalam kanal hiburan, namun ada beberapa berita film yang masuk dalam kanal non hiburan, tergantung kedekatan berita tersebut. Nilai berita film yang ada di KRJogja.com adalah unsur timeliness, unsur proximity, unsur conflict, unsur prominence, unsur suspense.