Show simple item record

dc.contributor.authorYADI, ASRUL
dc.date.accessioned2018-11-01T04:04:25Z
dc.date.available2018-11-01T04:04:25Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22757
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama islam pada anak autis apakah ada perbedaannya dengan membelajarkan pendidikan agama islam pada anak normal. Di dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana implementasi pendidikan agama islam di Sekolah SLA Fredofios mulai dari tujuan, kurikulum, metode, evaluasi yang diterapkan dan kendala yang dihadapi dalam menngajarkan pendidikan agama islam pada anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data yang disajikan dalam bentuk naratif deskriptif dan tidak menggunakan prosedur statistik dan kuantifikasi. Adapun sumber informasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi pendidikan agama islam, administrasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi dan wawancara dan pengkajian dokumen. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisi data Spradley yaitu analisa data yang dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data yang terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema. Temuan dalam penelitian ada lima yaitu: pertama, Internalisasi nilai-nilai Agama Islam bagi anak autis di SLA Fredofios, Yogyakarta ditanamkan melalui proses pembelajaran pendidikan agama Islam itu sendiri, dengan metode keteladanan (pembiasaan), kurikulum yang digunakan di sekolah SLA Fredofios adalah kurikulum nasional yang dikombinasikan dengan kurikulum yang dimodifikasi oleh guru bidang studi masing-masing. Kedua, metode yang biasa digunakan dalam pembelajaran pendidikan islam di SLA Fredofios, metode demonstrasi dan metode pembelajaran perilaku seperti pembentukan dan pemodelan. Ketiga, media/instrument yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SLA Fredofios adalah semua aktivitas yang ada hubungannya dengan pembelajaran PAI namun lebih banyak menggunakan media visual. Keempat, kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis adalah karena gangguan autis yang berbeda-beda pada anak sehingga guru harus tahu betul tentang kondisi setiap siswa, dan kurangnya partisipasi dari orangtua.en_US
dc.description.abstractThis study is aimed at finding out the learning process of Islamic education for autistic children whether it is different from teaching Islamic education to normal children. The implementation of Islamic education in SLA Fredofios starting from the objectives, curriculum, methods, evaluations applied and the obstacles faced in teaching Islamic education in children with autism is observed. This research is a qualitative research because the data are presented in descriptive narrative form and does not use statistical and quantitative procedures. The sources of information for this study are the principal, the teacher of Islamic religious education, and the administration staff. Meanwhile, the data were collected using observations, interviews, and documents. The data analysis technique in this study was Spradley data analysis meaning that the data were analyzed simultaneously with the data collection process consisting of domain analysis, taxonomic analysis, compound analysis, and theme analysis. The findings in the study are: Firstly, the internalization of Islamic religious values in SLA Fredofis Yogyakarta is implemented through the process of learning Islamic education itself with the exemplary methods (habituation), the curriculum used in SLA Fredofis is a national curriculum combined with a curriculum modified by the teacher of their respective studies. Secondly, the method commonly used in teaching Islamic education in SLA Fredofios is a demonstration method and behavioral learning method such as formation and modeling. Thirdly, the media / instruments used in Islamic Education learning in SLA Fredofios are all activities related to Islamic education using more visual media. Fourthly, the obstacles faced by the teachers in teaching Islamic education in children with autism are due to different autistic disorders in children, the teachers must know the condition of each student very well and there is lack of parental participation.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMSI UMYen_US
dc.subjectInternalisasi Nilai-nila Agama Islamen_US
dc.subjectAnak Autisen_US
dc.subjectSLA FREDOFIOS,en_US
dc.titleINTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM, BAGI ANAK AUTIS, DI SLA FREDOFIOS, SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record