dc.contributor.advisor | RAHMAWATI, ANITA | |
dc.contributor.author | RAMADHAN, SUKMA | |
dc.date.accessioned | 2018-11-03T06:20:10Z | |
dc.date.available | 2018-11-03T06:20:10Z | |
dc.date.issued | 2018-09-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22813 | |
dc.description | Jalan merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan disuatu negara bahkan
daerah dan pemerintah sebagai prasarana yang mendukung dalam memberikan
pelayanan pada bidang pendidikan, budaya, politik, sosial, pekerjaan serta dapat
meningkatkan kegiatan ekonomi. Penelitian ini berada di Ruas Jalan Raya Solo-
Yogyakarta Km 9-Km 15 yang bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dari
beban berlebih (overloading) kendaraan terhadap umur rencana jalan serta
ketebalan dari perkerasan. Penelitian ini menggunakan metode AASHTO 1993
untuk menganalisis pengurangan umur pelayanan dan mengetahui pengaruh
terhadap ketebalan perkerasan akibat beban overloading. Hasil penelitian
berdasarkan analisis menggunakan nilai Cumulative Equivalent Standar Axle
(CESA) terhadap beban overloading didapat pengurangan umur pelayanan jalan
sebesar 6,7 tahun dari umur rencana 20 tahun. Berdasarkan analisis pengaruh
beban berlebih maka pada beban standar membutuhkan tebal perkerasan untuk
lapisan permukaan 20,1 cm (Laston), lapisan pondasi atas sebesar 4,1 cm (Sirtu
Kelas A) serta lapisan pondasi bawah sebesar 15 cm (Sirtu Kelas B). Sedangkan
untuk beban berlebih (overloading) membutuhkan tebal perkerasan untuk lapisan
permukaan sebesar 22,1 cm (Laston), lapisan pondasi atas sebesar 5,6 cm (Sirtu
Kelas A) serta lapisan pondasi bawah sebesar 22,1 cm (Sirtu Kelas B). Hasil
tersebut menunjukkan bahwa overloading menyebabkan pengurangan umur
rencana dan membutuhkan ketebalan yang besar. | en_US |
dc.description.abstract | The road is an important transportation infrastructure in a country, that has
provide services in the fields of education, culture, politics, social work and can
increase economic activity. This research located on the Solo-Yogyakarta
Highway Km 9-Km 15 the objectives of the research is to evaluable the effect of
overloading on life design reduction of pavement. This research use the AASHTO
1993 method to analyze the research give the results that life design of the road
will be reduced around 6,7 years because of overloading. The pavement layer
thickness based on standard load are Laston 20,1 cm, Base 4,1 cm (Sirtu A) and
Subbase 15 cm (Sirtu B) on the otle hand the pavement layer thickness based on
overload are Laston 22,1 cm, Base 5,6 cm (Sirtu A) and Subbase 22,1 cm (Sirtu
B) respectively. The results showed that overload cauted the reduction of life
design of the pavement. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Age of Road Service, AASHTO 1993 Method, Age of Plan, Overloading, Thick Roughness | en_US |
dc.title | ANALISIS PENGARUH BEBAN BERLEBIH (OVERLOADING) KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA JALAN DAN KETEBALAN LAPISAN PERKERASAN MENGGUNAKAN METODE AASHTO 1993 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
475 | en_US |