Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHMAWATI, ANITA
dc.contributor.authorRAMADHAN, SUKMA
dc.date.accessioned2018-11-03T06:20:10Z
dc.date.available2018-11-03T06:20:10Z
dc.date.issued2018-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22813
dc.descriptionJalan merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan disuatu negara bahkan daerah dan pemerintah sebagai prasarana yang mendukung dalam memberikan pelayanan pada bidang pendidikan, budaya, politik, sosial, pekerjaan serta dapat meningkatkan kegiatan ekonomi. Penelitian ini berada di Ruas Jalan Raya Solo- Yogyakarta Km 9-Km 15 yang bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dari beban berlebih (overloading) kendaraan terhadap umur rencana jalan serta ketebalan dari perkerasan. Penelitian ini menggunakan metode AASHTO 1993 untuk menganalisis pengurangan umur pelayanan dan mengetahui pengaruh terhadap ketebalan perkerasan akibat beban overloading. Hasil penelitian berdasarkan analisis menggunakan nilai Cumulative Equivalent Standar Axle (CESA) terhadap beban overloading didapat pengurangan umur pelayanan jalan sebesar 6,7 tahun dari umur rencana 20 tahun. Berdasarkan analisis pengaruh beban berlebih maka pada beban standar membutuhkan tebal perkerasan untuk lapisan permukaan 20,1 cm (Laston), lapisan pondasi atas sebesar 4,1 cm (Sirtu Kelas A) serta lapisan pondasi bawah sebesar 15 cm (Sirtu Kelas B). Sedangkan untuk beban berlebih (overloading) membutuhkan tebal perkerasan untuk lapisan permukaan sebesar 22,1 cm (Laston), lapisan pondasi atas sebesar 5,6 cm (Sirtu Kelas A) serta lapisan pondasi bawah sebesar 22,1 cm (Sirtu Kelas B). Hasil tersebut menunjukkan bahwa overloading menyebabkan pengurangan umur rencana dan membutuhkan ketebalan yang besar.en_US
dc.description.abstractThe road is an important transportation infrastructure in a country, that has provide services in the fields of education, culture, politics, social work and can increase economic activity. This research located on the Solo-Yogyakarta Highway Km 9-Km 15 the objectives of the research is to evaluable the effect of overloading on life design reduction of pavement. This research use the AASHTO 1993 method to analyze the research give the results that life design of the road will be reduced around 6,7 years because of overloading. The pavement layer thickness based on standard load are Laston 20,1 cm, Base 4,1 cm (Sirtu A) and Subbase 15 cm (Sirtu B) on the otle hand the pavement layer thickness based on overload are Laston 22,1 cm, Base 5,6 cm (Sirtu A) and Subbase 22,1 cm (Sirtu B) respectively. The results showed that overload cauted the reduction of life design of the pavement.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAge of Road Service, AASHTO 1993 Method, Age of Plan, Overloading, Thick Roughnessen_US
dc.titleANALISIS PENGARUH BEBAN BERLEBIH (OVERLOADING) KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA JALAN DAN KETEBALAN LAPISAN PERKERASAN MENGGUNAKAN METODE AASHTO 1993en_US
dc.typeThesis SKR F T 475en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record