Show simple item record

dc.contributor.advisorSOKOWATI, MURIA ENDAH
dc.contributor.authorFAIQAH, AIN RIZQI
dc.date.accessioned2018-11-06T02:23:48Z
dc.date.available2018-11-06T02:23:48Z
dc.date.issued2018-08-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22879
dc.descriptionPariwisata dapat menjadi salah satu sektor penting dalam peningkatan pendapatan di suatu daerah, hal ini karena pariwisata memberi efek pengganda yaitu efek ekonomi yang ditimbulkan kegiatan ekonomi pariwisata terhadap kegiatan perekonomian suatu wilayah. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki daya tarik wisata yang beragam. Banyaknya potensi wisata yang dimiliki DIY tidak akan dikenal dan didatangi oleh para wisatawan apabila tidak ada sebuah upaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan obyek wisata tersebut ke khalayak luas. Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2017 merupakan event otomotif yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan pariwisata Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan promosi budaya dan pariwisata Yogyakarta dalam penyelenggaraan JVWF 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah Volkswagen Club Yogyakarta yang merupakan pihak penyelenggara event JVWF 2017. Penelitian ini menemukan bahwa JVWF 2017 berpotensi untuk menjadi media promosi budaya dan pariwisata Yogyakarta dalam membentuk destination brand awareness. Hal ini terbentuk melalui ikon pariwisata Yogyakarta yang ditampilkan dalam berbagai media yang digunakan, seperti dekorasi, poster, video teaser dan desain panggung saat event berlangsung. Kemudian ikon tersebut juga tersebar dalam publisitas event yang dimuat pada media online dan offline.en_US
dc.description.abstractTourism can be one of the important sectors in increasing national income as well as in an destination, this is because of the multiplier effect. Multiplier effect is the economic effects caused by tourism economic activities against the economy of a region.Yogyakarta is one of the destination that has a variety of tourist attractions.The large number of potential owned bySpecial Region of Yogyakarta will not be recognized and accosted by the tourists when there is not an attempt to introduce and promote tourism to a broad audience.Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2017 is the automotive event aims to introduce the culture and tourism of Yogyakarta. This research aims to find out how the implementation of promotional activities and cultural tourism of Yogyakarta in 2017 JVWF. Research methods used in this research is descriptive qualitative, whereas data collection techniques implemented by way of interviews, observation and documentation. Retrieval of informants in the interview done by using purposive sampling technique. While the data in the form of documentation obtained through the event committee. The object in this research is the Volkswagen Club of Yogyakarta which is the JVWF 2017 event organizers. The research found that JVWF 2017 potentially to become media promotion of culture and tourism of Yogyakarta in building the destination brand awareness. It is formed through Yogyakarta tourism icon that is displayed in a variety of media used, such as decorations, posters, video teaser and stage design where the event takes place. Then, the tourism icon were also scattered through the event publicity in online and offline media.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectTorism Promotion, Event, Destination Brand Awareness, Jogja Volkswagen Festival 2017en_US
dc.titleJOGJA VOLKSWAGEN FESTIVAL 2017 SEBAGAI MEDIA PROMOSI BUDAYA DAN PARIWISATA LOKAL MELALUI DUNIA OTOMOTIFen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 442en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record