dc.contributor.advisor | ROCHIMAH, TRI HASTUTI NUR | |
dc.contributor.author | MIGUNANI, MITARIZA | |
dc.date.accessioned | 2018-11-07T01:37:31Z | |
dc.date.available | 2018-11-07T01:37:31Z | |
dc.date.issued | 2018-08-30 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22918 | |
dc.description | Corporate Social Responsibility(CSR)merupakan bentuk tanggung jawab
sosial dan program wajib yang dilakukan oleh setiap perusahaan swasta maupun
perusahaan milik pemerintah. Program CSR memiliki konsep pelaksanaan yang
melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Hotel Santika Premiere Yogyakarta
merupakan salah satu hotel yang menduduki posisi pertama di Yogyakarta yang
mendapatkan gelar The Best Green Hotel oleh KEMENPAR RI tahun 2015 hingga
sekarang dan salah satu faktor mendapatkan gelar tersebut yaitu program CSR yang
telah dilaksanakan. Dalam pengelolaan CSR tersebut meliputi perencanaan,
implementasi hingga evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan
pengelolaan CSR yang dilaksanakan. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah
kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dengan menggunakan teknik
pengumpulan data wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi
lapangan.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa CSR yang dilaksanakan oleh
Hotel Santika Premiere Yogyakarta tahun 2015-2016merupakan wujud CSR yang
bersifat karitatif (Charity). CSR yang dilaksanakan adalah CSR yang berwawasan
lingkungan dengan melakukan kegiatan CSR Bantuan Air Bersih Dusun Seropan
Kecamatan Dlingo dan CSR Penanaman Pohon Dusun Wunut Kecamatan Imogiri.
Namun pada pelaksanaan kegiatan CSR yang dilaksanakan masih memiliki
hambatan yaitu keberlanjutan program atau sustainability program yang masih
perlu di evaluasi lebih mendalam. | en_US |
dc.description.abstract | Corporate Social Responsibility (CSR) is a form social responsibility and is
an obligatory program that is implemented either by every private company or by
state-owned companies. The CSR program has an implementation concept that
includes the whole stakeholders. Santika Premiere Yogyakarta Hotel is one of the
hotels that has ranked first and has achieved the title as The Best Green Hotel by
KEMENPAR RI (Indonesian National Ministry of Tourism), and one of the factors
of achieving the title is the implemented CSR program. The CSR program involves
planning, implementation and evaluation. The purpose of this research is to
describe the management of the implemented CSR. This research was descriptive
qualitative with case study approach. The data collection techniques used was
interview, documentation and field observation. The research result show that the
implemented CSR by Hotel Santika Premiere Yogyakarta 2015-2016 that is a
charity CSR. CSR has been implemanted that is environmentally with CSR Clean
Water Assistance Seropan Districts Delingo and CSR Tree Planting Wunut
Districts Imogiri. However the CSR has been implemented have a deficiency about
sustainability programs that still needs to be evaluated deeply. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Corporate Social Responsibility, Santika Premiere Hotel Yogyakarta | en_US |
dc.title | PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) HOTEL SANTIKA PREMIERE YOGYAKARTA PERIODE TAHUN 2015-2016 | en_US |
dc.title.alternative | Studi Kasus CSR dan Program Bantuan Air Bersih di Dusun Seropan Kelurahan Munthuk Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul dan Penanaman Pohon di Dusun Wunut Kelurahan Sriharjo Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
389 | en_US |