Show simple item record

dc.contributor.advisorNURJANAH, ADHIANTY
dc.contributor.authorMONICA, DELLA
dc.date.accessioned2018-12-17T05:55:48Z
dc.date.available2018-12-17T05:55:48Z
dc.date.issued2018-12-03
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23384
dc.descriptionYogyakarta memiliki indeks baca tertinggi di Indonesia dengan nilai baca 0,09 pada tahun 2013. Salah satu perpustakaan di Yogyakarta yang memiliki minat baca yang tinggi ialah Kabupaten Sleman. Angka kunjungan perpustakaan pada tahun 2016 hanya 612.137,00 pengunjung dan di tahun 2017 menjadi 626.647,00 pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi promosi dalam menarik minat pengunjung yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi perpustakaan dalam menarik minat pengunjung pada tahapan perencanaan yaitu membentuk tim promosi yaitu Seksi Pengembangan Sistem dan Pelayanan Perpustakaan, Seksi Pembinaan Perpustakaan, Seksi Pengembangan Sistem dan Pelayanan Kearsipan. Kemudian pada tahapan pelaksanaan dilakukan kegiatan promosi yaitu Pembinaan Perpustakaan Sekolah, Layanan Kunjung Perpustakaan, Layanan Wisata Pustaka, Layanan Perpustakaan Keliling, Layanan Internet, dan Layanan Sirkulasi.Adapun media promosi yang dilakukan terdiri dari Tabloid Buletin Litrasia, Leaflet, Spanduk, Poster dan Televisi TVRI, Jogja TV, Adi TV, dan RB TV.Pada tahapan evaluasi dilakukan rapat koordinasi informal untuk mengetahui keberhasilan promosi yang telah dilakukan.en_US
dc.description.abstractYogyakarta has the highest reading index in Indonesia with its reading rate in 2013 is 0.09. Libraries which have the highest reading interest in Yogyakarta are libraries in Sleman Regency. The visit number in 2016 was only 612,137.00 visitors but it increased to 626.647,00 visitors in 2017. The study is aimed to describe the promotion strategy done by Department of Library and Archival of Sleman Regency to attract visitors’ interest. Hence, this is a quantitative study. The result of the study shows that the library strategy used to attract visitors’ interest at planning stage is by forming promotion teams namely system development and library service section, assistance in building library competence section, development and archival service section. Then, there are promotion activities conducted at the implementation stage namely assistance in buildingschool libraries competence,library visiting service,library tour service,mobile library, internet service, and circulation service. As for media promotions are done through tabloids, Litrasia bulletin, leaflets, banners, posters, local TVstationsadvertising like TVRI Jogja, Jogja TV, Adi TV and RB TV. And, for the evaluation stage, a coordination meeting is conducted to know the achievement of the promotion that has been done.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPromotion Strategy, Library, Visitors’ interesten_US
dc.titleSTRATEGI PROMOSI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG TAHUN 2016-2017en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 767en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record