Show simple item record

dc.contributor.advisorMUKTAF, ZEIN MUFFARIH
dc.contributor.authorZAHRA, SAKINAH
dc.date.accessioned2018-12-20T02:11:14Z
dc.date.available2018-12-20T02:11:14Z
dc.date.issued2018-12-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23427
dc.descriptionSebagai sebuah perusahaan pertelevisian yang bergerak dibidang penyiaran mempunyai visi, misi, dan target audience. Tentunya turut mempengaruhi terhadap berbagai program acara yang ada. TVRI Stasiun D.I Yogyakarta merupakan stasiun televisi yang berbasis stasiun lokal yang memiliki beberapa program unggulan. Berdasarkan survei yang telah dilakukan sebelumnya, dapat diketahui bahwa program acara Pangkur Jenggleng merupakan program acara unggulan yang dimiliki oleh TVRI Stasiun D.I Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian adalah manajemen produksi program acara Pangkur Jenggleng yang di produksi oleh TVRI Stasiun D.I. Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari lima orang jajaran TVRI Stasiun D.I. Yogyakarta, yang ditentukan melalui metode purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bagaimana penerapan tahapan proses produksi program acara di dalam manajemen produksi program acara Pangkur Jenggleng sebagai usaha menghasilkan produk hiburan komedi yang berkualitas. Pangkur Jenggleng menerapkan 3 tahap: (1) pra produksi yaitu, ide menjadi hal yang paling utama, menghubungi artis, personal gamelan, mempelajari naskah, setting studio, latihan, dan gladi resik. (2) produksi, pada saat produksi Pangkur Jenggleng tidak signifikan, karena tidak ditemukannya daftar shot. (3) pasca produksi, Pangkur Jenggleng melakukan dua model, yaitu melakukan editing dan evaluasi dan non editing dan evaluasi.en_US
dc.description.abstractAs a television company which engages in broadcasting, TVRI has vision, mission, and target audience which influence the programs. TVRI Yogyakarta Station is a local-based TV station with several prime products. Based on the previous survey, it is known that Pangkur Jenggleng was a prime product of TVRI Yogyakarta Special Region Station. The research used qualitative method with descriptive approach. The research object was program production management of Pangkur Jenggleng program produced by TVRI Yogyakarta Special Region Station. The research subjects were five crews of TVRI Yogyakarta Special Region Station who were decided through purposive method. The data collecting techniques were in depth interview and documentation. The research result described the application of program production process steps in the production of Pangkur Jenggleng program as a way to produce a qualified comedy entertainment product. Pangkur Jenggleng applied three steps: (1) pre-production, in which ideas became the main thing, contacting the artists, contacting gamelan (Javanese Musical Instrument) personels, studying the script, setting the studio, practicing, and rehearsing (2) production, Pangkur Jenggleng was not significant during production since the shooting list was not found, (3) post-production, Pangkur Jenggleng conducted two models; editing and evaluating and non-editing, and evaluatingen_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectProduction Management, TVRI Station, Pangkur Jengglengen_US
dc.titleMANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM ACARA PANGKUR JENGGLENG DI TVRI STASIUN D.I. YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 671en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record