EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH 1 WATES DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 WATES DALAM PENGUATAN KARAKTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana kemampuan
kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam penguatan karakter di SMP
Muhammadiyah 1 Wates (2) mengetahui bagaimana kemampuan kepemimpinan
pembelajaran kepala sekolah dalam penguatan karakter di SMP Muhammadiyah 2
Wates (3) membuktikan apa saja progam pendidikan karakter yang dirancang
kepala sekolah dalam penguatan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Wates dan
SMP Muhammadiyah 2 Wates (4) melihat sejauhmana efektifitas kepemimpinan
pembelajaran kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Wates dengan SMP
Muhammadiyah 2 Wates dalam penguatan karakter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan “mixed method”, dengan sampel
proposional sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara, dokumen, dan
kuersioner model skala likert. Data dianalisis secara deskriptif, prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kepemimpinan kepala sekolah
sangat berperan penting dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai
pemimpin atau bisa dikatakan gaya kepemimpinannya efektif, bahwasanya
kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Wates lebih
efektif dibandingkan SMP Muhammadiyah 2 Wates. Hal ini dibuktikan dengan
responden dari guru dengan nilai sebanyak 75,2 % dan responden dari siswa
sebanyak 83,3%. Sedangkan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah SMP
Muhammadiyah 2 Wates responden dari guru dengan nilai sebanyak 71,1% dan
responden dari siswa 80,2 %. Jadi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah
sangat berpengaruh terhadap kinerja guru dan karakter siswa. Hal ini berarti
bahwa kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah semakin bagus maka kinerja
guru semakin baik, begitu pula dengan karakter siswa.