EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah Bantul berdasarkan evaluasi konteks, masukan, proses, dan produk.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif, menggunakan pendekatan mixed method dengan model evaluasi dari Stufflebeam dengan prosedur penelitian context, input, process, product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah Waka Kesiswaan, Waka Ismuba, Guru BK, Penanggung jawab HW, dan siswa.penelitian context, input, process, product (CIPP). Teknik pengumpulan datanya menggunkan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Data kualitatif dianalisis menggunkan tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis menggunkan statistik deskriptif.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Evaluasi konteks menunjukkan hasil yang sudah baik berdasar pada komponen sejarah awal mulanya progam, pemantapan ide progam, persiapan pelaksanaan progam dan sosialisasi progam., (2) Evaluasi input menunjukkan hasil yang baik berdasar pada komponen siswa, guru (penanggung jawab progam) dan sarana prasarana. (3) Evaluasi proses menunjukkan hasil yang cukup baik berdasar pada komponen penilaian, media serta metode dan dari ketujuh macam kegiatan progam pendidikan karakter, 4) Evaluasi produk menunjukkan bahwa dari 10 tujuan ketercapaian progam pendidikan karakter yang tercapai dengan kategori sangat baik ialah keharmonisan dengan prosentase 91 % , bebas narkoba dengan prosentase 90%, potensi dengan prosentase 89%, ketaqwaan dengan prosentase 87%, dan kebersihan dengan prosentase 85%. Sedangkan ketercapaian tujuan progam dengan kategori baik ialah kreatifitas dengan prosentase 76%, kemandirian dengan prosentase 76%, profesional dengan prosentase 74%, ketertiban dengan prosentase 66%. Dan yang terakhir ketercapaian tujuan progam dengan kategori cukup baik ialah gemar membaca dengan prosentase 59%.