EFEKTIVITAS KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN DAN PENINGKATAN PEMAHAMAN AQIDAH MASYARAKAT DUSUN TAWANG NGANDONG EROMOKO WONOGIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: 1) efektivitas kegiatan
pengajian rutin, 2) tingkat pemahaman aqidah masyarakat, 3) faktor yang
menghambat dan mendukung kegiatan pengajian rutin Dusun Tawang, Ngandong,
Eromoko, Wonogiri.
Penelitian ini meggunakan pendekatan “mixed method” , subyek
ditentukan secara purposive sampling yaitu 40 responden dan 1 narasumber.
Kemudian teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi
dan angket. Untuk data observasi dan wawancara dianalisis menggunakan
pendekatan kualitatif sedangkan data angket dianalisis mengguakan rumus
presentase untuk pengkategorian.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) efektivitas kegiatan pengajian
rutin dapat dibuktikan dengan perolehan nilai presentase dalam kategori tinggi
sebesar 65%, kategori sedang sebesar 27% dan kategori rendah sebesar 7,5%.
Hasil tersebut menunjukkan kegiatan pengajian sudah terlaksana sebagaimana
mestinya dan efektif diselenggarakan di Dusun Tawang. (2) tingkat pemahaman
aqidah masyarakat setelah mengikuti pengajian rutin sangat baik karena sudah
mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari meskipun belum maksimal. Hal ini
dibuktikan dengan nilai presentase sebesar 92,5% dalam kategori tinggi, 5%
dalam kategori sedang, dan 2,5% dalam kategori rendah. (3) faktor penghambat
dalam kegiatan pengajian rutin yaitu adanya hajatan atau acara yang bertepatan
dengan kegiatan pengajian, hujan sehingga banyak peseta yang izin dan
pelaksanaan pengajian kurang kondusif. Sedangkan faktor pendukung dalam
pelaksanaan kegiatan pengajian rutin yaitu adanya kerjasama antar panitia, tingkat
kesadaran masyarakat yang ingin belajar ilmu agama Islam, dan kesediaan ustadz
yang senantiasa hadir untuk berbagi ilmu kepada masyarakat, selain itu kegiatan
pengajian ini merupakan satu-satunya kegiatan yang dapat memfasilitasi
masyarakat untuk menuntut ilmu agama Islam sehingga akan selalu
diselenggarakan.