Show simple item record

dc.contributor.advisorHARIANTO, MUHSIN
dc.contributor.authorLESTARI, NUNUNG INDRA
dc.date.accessioned2019-01-09T01:46:45Z
dc.date.available2019-01-09T01:46:45Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23688
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis islam dalam transaksi jual beli jika di tinjau dari prinsip – prinsip etika bisnis islam dan juga untuk mengetahui dampak penerapan etika bisnis islam terhadap kemajuan usaha dagang di pasar Gamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pedagang yang ada di pasar Gamping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang yang ada di pasar Gamping sudah menerapkan etika bisnis islam pada aktivitas bisnisnya. Hal tersebut di lihat dari komitmen pedagang terhadap Allah SWT dan produknya, semangat berbagi, kesadaran pemenuhan takaran, tanggung jawab, keterbukaan menerima kritik dan saran dari orang lain, menerima pengembalian barang yang sudah dibeli dan juga menerima pengembalian utang setelah jatuh tempo. Penerapan etika bisnis islam di pasar Gamping memiliki dampak positif terhadap kemajuan usaha dagang jika di lihat dari aspek kelayakan bisnis, yakni aspek pemasaran, manajemen dan SDM, lingkungan, sosial dan finansial.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis islam dalam transaksi jual beli jika di tinjau dari prinsip – prinsip etika bisnis islam dan juga untuk mengetahui dampak penerapan etika bisnis islam terhadap kemajuan usaha dagang di pasar Gamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pedagang yang ada di pasar Gamping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang yang ada di pasar Gamping sudah menerapkan etika bisnis islam pada aktivitas bisnisnya. Hal tersebut di lihat dari komitmen pedagang terhadap Allah SWT dan produknya, semangat berbagi, kesadaran pemenuhan takaran, tanggung jawab, keterbukaan menerima kritik dan saran dari orang lain, menerima pengembalian barang yang sudah dibeli dan juga menerima pengembalian utang setelah jatuh tempo. Penerapan etika bisnis islam di pasar Gamping memiliki dampak positif terhadap kemajuan usaha dagang jika di lihat dari aspek kelayakan bisnis, yakni aspek pemasaran, manajemen dan SDM, lingkungan, sosial dan finansial.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islam, Usaha Dagang, Pedagang di Pasar Gampingen_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAJUAN USAHA DAGANGen_US
dc.typeThesis SKR FAI 366en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record