PENGEMBANGAN COMPUTER AIDED INSTRUCTION (CAI) UNTUK PRAKTIKUM HTML
Abstract
Skripsi ini memaparkan hasil implementasi penggunaan Computer Aided Instruction (CAI) pada praktikum Hypertext Markup Language (HTML) yang digunakan di program studi teknologi informasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Indonesia. Model e-learning yang berkembang di Indonesia berbasis Learning Management System (LMS), terutama menggunakan Moodle. Salah satu kendala terbesar penggunaan LMS adalah tidak ada fasilitas untuk praktikum online. Selain itu juga mahasiswa masih merasakan fasilitas internet belum baik dan mahal. Supaya mahasiswa tetap dapat belajar meskipun tidak ada internet, maka experiment ini menggunakan CAI agar kegiatan praktikum mahasiswa dapat dilakukan menggunakan komputer kapanpun dan dimanapun namun dosen masih dapat mengawasi. Selain itu juga menghemat biaya dalam belajar karena mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengakses internet ketika belajar. Penggunaan CAI untuk praktikum diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan aktivitas praktik mahasiswa diluar kampus, mampu menarik mahasiswa untuk terus belajar dan memperbaiki nilai sehingga menghasilkan mahasiswa yang mampu untuk menguasai HTML. Mengatasi kendala mahasiswa ketika akan mengerjakan tugas dari dosen.