Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorARYANI, WIWIT
dc.date.accessioned2019-01-15T01:53:41Z
dc.date.available2019-01-15T01:53:41Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23837
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program tansin di Sanggar Tahsin Tahfidz Al Quran dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif .Subyek penelitian terdiri dari Ketua, wakil ketua dan peserta halaqoh tahsin di Sanggar Tahsin Tahfizh Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data kualitatif menggunakan teori Suharsimi Arikunto yang mencakup empat tahap, yaitu : menyiangi data, display data, menafsirkan data, menyimpulkan dan verivikasi data. Sedangakan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk komponen product program tahsin di Sanggar Tahsin Tahfizh Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi context (konteks) dinyatakan cukup dikarenakan dengan adanya empat kompononen evaluasi context, yaitu kesesuaian sejarah program, penyelesaian problem, dokumen program dan sosialisasi program, (2) evaluasi input (masukan) dinyatakan cukup , meskipun pada rekruitmen peserta sudah berjalan dengan baik namun tidak ada rekruitmen khusus bagi guru tahsin sehingga untuk guru tahsin tidak semua bersertifikat, (3) evaluasi process (proses) sudah baik dikarenakan tidak ada kendala dalam proses pembelajaran berlangsung, kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan aturan yang telah ditentukan dan pesrta tahsin dapat memahami materi yang disampaikan guru, (4) evaluasi product (produk) dinyatakan sudah baik dikarenakan sudah dapat mencapai tujuan program.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program tansin di Sanggar Tahsin Tahfidz Al Quran dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif .Subyek penelitian terdiri dari Ketua, wakil ketua dan peserta halaqoh tahsin di Sanggar Tahsin Tahfizh Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data kualitatif menggunakan teori Suharsimi Arikunto yang mencakup empat tahap, yaitu : menyiangi data, display data, menafsirkan data, menyimpulkan dan verivikasi data. Sedangakan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk komponen product program tahsin di Sanggar Tahsin Tahfizh Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi context (konteks) dinyatakan cukup dikarenakan dengan adanya empat kompononen evaluasi context, yaitu kesesuaian sejarah program, penyelesaian problem, dokumen program dan sosialisasi program, (2) evaluasi input (masukan) dinyatakan cukup , meskipun pada rekruitmen peserta sudah berjalan dengan baik namun tidak ada rekruitmen khusus bagi guru tahsin sehingga untuk guru tahsin tidak semua bersertifikat, (3) evaluasi process (proses) sudah baik dikarenakan tidak ada kendala dalam proses pembelajaran berlangsung, kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan aturan yang telah ditentukan dan pesrta tahsin dapat memahami materi yang disampaikan guru, (4) evaluasi product (produk) dinyatakan sudah baik dikarenakan sudah dapat mencapai tujuan program.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectUmmi, kemampuan membaca Al-Qur’anen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN METODE UMMI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANGGAR TAHSIN TAHFIZH AL-QUR’AN KASIHAN BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 410en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record