TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN KOPI ARABIKA PADA KEDAI DONGENG KOPI DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN
Abstract
TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN KOPI ARABIKA DI KEDAI
DONGENG KOPI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. 2018. NAJIB IKHSAN (Skripsi
dibimbing oleh SUSANAWATI & DIAH RINA KAMARDIANI). Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan profil Kedai Dongeng Kopi, profil konsumen,
tingkat loyalitas dan evaluasi produk yang dilakukan konsumen terhadap kopi
arabika di Kedai Dongeng Kopi Yogyakarta . Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode
accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil
penelitian menunjukkan, rata-rata konsumen kopi arabika di Kedai Dongeng Kopi
berusia antara 22-26 tahun dengan persentase responden laki-laki sebanyak 66 %
dan perempuan sebanyak 34 %. Rata-rata status pekerjaan dari konsumen yaitu
mahasiswa dan wiraswasta dengan pendapatan antara Rp 1.500.000 – Rp
3.000.000. Kedai Dongeng Kopi didirikan pada tanggal 7 Oktober 2012 dengan visi
yaitu menjadi pemimpin pasar regional kopi yang terintegrasi dari kebun sampai ke
konsumen. Fasilitas yang ada di kedai Dongeng Kopi antara lain ruang bacaan,
kelas seduh kopi dan meja bar. Struktur organisasi di Kedai Dongeng Kopi antara
lain pemilik kedai, manajer keuangan, manajer operasional, karyawan dapur,
karyawan bar dan pramusaji. Menu minuman di Kedai Dongeng Kopi dibedakan
menjadi tiga kategori antara lain espresso based, manual brew dan non coffee.
Apabila dilihat dari tingkat loyalitas, maka konsumen dapat digolongkan menjadi
switcher 72 %, habitual buyer 84 %, satisfied buyer 32 %, likes the brand 83 % dan
committed buyer 77 %. Kepentingan atribut produk yang digunakan dalam
penelitian ini antara lain kualitas, rasa, kemasan, menu, penyajian, pelayanan,
sarana edukasi dan kenyamanan tempat yang semuaya termasuk dalam kategori
penting dalam keputusan pembelian kopi arabika di Kedai Dongeng Kopi.