Show simple item record

dc.contributor.advisorARIFIANTO, BUDI DWI
dc.contributor.authorAKBAR, M. FAISAL
dc.date.accessioned2019-01-24T02:01:36Z
dc.date.available2019-01-24T02:01:36Z
dc.date.issued2018-11-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23969
dc.descriptionHarian Jogja sebagai salah satu media cetak di kota Yogyakarta, berusaha mengambil hati pembaca dengan membuat dan mengembangkan berbagai rubrik baik berita hardnews maupun softnews. Salah satu rubrik yang menarik adalah Pergelaran. Rubrik ini berisi tentang berita softnews yang membahas kegiatan seputar perfilman baik lokal maupun nasional. Maka dari itu fokus utama dalam penelitian ini adalah menganalisis manjemen redaksional pemberitaan film dalam rubrik Pergelaran pada surat kabar Harian Jogja yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksional pemberitaan film di ruang redaksi, untuk mendesksripsikan tahapan dalam proses penyusunan pemberitaan film lokal maupun nasional dan pemetaan pemberitaan film lokal dan nasional pada surat kabar Harian Jogja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara kepada 2 (dua) narasumber surat kabar Harian Jogja. Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa surat kabar Harian Jogja mengambil berita dari Solopos yang merupakan konvergensi media dari Bisnis Indonesia Group. Dalam pelaksanaanya, berita tentang film dapat dimuat disemua rubrik, tergantung dari kebijakaan pimpinan redaksi dan redaktur pelaksana.en_US
dc.description.abstractHarian Jogja sebagai salah satu media cetak di kota Yogyakarta, berusaha mengambil hati pembaca dengan membuat dan mengembangkan berbagai rubrik baik berita hardnews maupun softnews. Salah satu rubrik yang menarik adalah Pergelaran. Rubrik ini berisi tentang berita softnews yang membahas kegiatan seputar perfilman baik lokal maupun nasional. Maka dari itu fokus utama dalam penelitian ini adalah menganalisis manjemen redaksional pemberitaan film dalam rubrik Pergelaran pada surat kabar Harian Jogja yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksional pemberitaan film di ruang redaksi, untuk mendesksripsikan tahapan dalam proses penyusunan pemberitaan film lokal maupun nasional dan pemetaan pemberitaan film lokal dan nasional pada surat kabar Harian Jogja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara kepada 2 (dua) narasumber surat kabar Harian Jogja. Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa surat kabar Harian Jogja mengambil berita dari Solopos yang merupakan konvergensi media dari Bisnis Indonesia Group. Dalam pelaksanaanya, berita tentang film dapat dimuat disemua rubrik, tergantung dari kebijakaan pimpinan redaksi dan redaktur pelaksana.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectManajemen Redaksional, Film, Media Cetak Lokal, Produksi Beritaen_US
dc.titleMANAJEMEN REDAKSIONAL PEMBERITAAN FILM DALAM RUBRIK PERGELARAN PADA SURAT KABAR HARIAN JOGJAen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 691en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record