MANAJEMEN REDAKSIONAL PEMBERITAAN FILM DALAM RUBRIK PERGELARAN PADA SURAT KABAR HARIAN JOGJA
Abstract
Harian Jogja sebagai salah satu media cetak di kota Yogyakarta, berusaha
mengambil hati pembaca dengan membuat dan mengembangkan berbagai rubrik baik
berita hardnews maupun softnews. Salah satu rubrik yang menarik adalah Pergelaran.
Rubrik ini berisi tentang berita softnews yang membahas kegiatan seputar perfilman
baik lokal maupun nasional. Maka dari itu fokus utama dalam penelitian ini adalah
menganalisis manjemen redaksional pemberitaan film dalam rubrik Pergelaran pada
surat kabar Harian Jogja yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen
redaksional pemberitaan film di ruang redaksi, untuk mendesksripsikan tahapan
dalam proses penyusunan pemberitaan film lokal maupun nasional dan pemetaan
pemberitaan film lokal dan nasional pada surat kabar Harian Jogja. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari
observasi, dokumentasi dan wawancara kepada 2 (dua) narasumber surat kabar
Harian Jogja. Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa surat kabar Harian Jogja mengambil
berita dari Solopos yang merupakan konvergensi media dari Bisnis Indonesia Group.
Dalam pelaksanaanya, berita tentang film dapat dimuat disemua rubrik, tergantung
dari kebijakaan pimpinan redaksi dan redaktur pelaksana.