Show simple item record

dc.contributor.advisorAS'AD, SYARIF
dc.contributor.authorDWIAYU, YULIANA
dc.date.accessioned2019-01-24T02:10:20Z
dc.date.available2019-01-24T02:10:20Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23972
dc.descriptionTujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor psikologi Overconfidence, Social Interaction dan Emotion terhadap pengambilan keputusan investor ketika bertransaksi di pasar modal syariah dan konvensional yang sampelnya mahasiswa UMY. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu 60 investor saham syariah dan 40 konvensional. Pengujian hipotesis ini menggunakan 2 metode yaitu SmartPLS 3.0 dan wawancara, dari hasil penelitian menghasilkan bahwa terdapat perbedaan psychological factor dalam pengambilan keputusan investor bertransaksi pada pasar modal syariah dan konvensional. Faktor Overconfidence dan Social Interaction tidak berpengaruh dalam pengambilan keputusan investor bertransaksi di pasar modal syariah, namun pada faktor Emotion berpengaruh dalam pengambilan keputusan bertransaksi di pasar modal syariah. Sedangkan pada faktor Social Interaction dan Emotion tidak berpengaruh dalam pengambilan keputusan investor bertransaksi di pasar modal konvensional namun pada faktor Overconfidence berpengaruh terhadap pengambilan keputusan bertransaksi di pasar modal konvensional.en_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor psikologi Overconfidence, Social Interaction dan Emotion terhadap pengambilan keputusan investor ketika bertransaksi di pasar modal syariah dan konvensional yang sampelnya mahasiswa UMY. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu 60 investor saham syariah dan 40 konvensional. Pengujian hipotesis ini menggunakan 2 metode yaitu SmartPLS 3.0 dan wawancara, dari hasil penelitian menghasilkan bahwa terdapat perbedaan psychological factor dalam pengambilan keputusan investor bertransaksi pada pasar modal syariah dan konvensional. Faktor Overconfidence dan Social Interaction tidak berpengaruh dalam pengambilan keputusan investor bertransaksi di pasar modal syariah, namun pada faktor Emotion berpengaruh dalam pengambilan keputusan bertransaksi di pasar modal syariah. Sedangkan pada faktor Social Interaction dan Emotion tidak berpengaruh dalam pengambilan keputusan investor bertransaksi di pasar modal konvensional namun pada faktor Overconfidence berpengaruh terhadap pengambilan keputusan bertransaksi di pasar modal konvensional.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPsychological Factor, Keputusan Investasi dan Investoren_US
dc.titlePERAN PSYCHOLOGICAL FACTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTOR KETIKA BERTRANSAKSI DI PASAR MODAL SYARIAH DAN KONVENSIONALen_US
dc.typeThesis SKR FAI 418en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record