PERAN PSYCHOLOGICAL FACTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTOR KETIKA BERTRANSAKSI DI PASAR MODAL SYARIAH DAN KONVENSIONAL
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor psikologi
Overconfidence, Social Interaction dan Emotion terhadap pengambilan
keputusan investor ketika bertransaksi di pasar modal syariah dan konvensional
yang sampelnya mahasiswa UMY. Penelitian ini menggunakan purposive
sampling yaitu 60 investor saham syariah dan 40 konvensional. Pengujian
hipotesis ini menggunakan 2 metode yaitu SmartPLS 3.0 dan wawancara, dari
hasil penelitian menghasilkan bahwa terdapat perbedaan psychological factor
dalam pengambilan keputusan investor bertransaksi pada pasar modal syariah
dan konvensional. Faktor Overconfidence dan Social Interaction tidak
berpengaruh dalam pengambilan keputusan investor bertransaksi di pasar modal
syariah, namun pada faktor Emotion berpengaruh dalam pengambilan keputusan
bertransaksi di pasar modal syariah. Sedangkan pada faktor Social Interaction
dan Emotion tidak berpengaruh dalam pengambilan keputusan investor
bertransaksi di pasar modal konvensional namun pada faktor Overconfidence
berpengaruh terhadap pengambilan keputusan bertransaksi di pasar modal
konvensional.