PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pemahaman guru pendidikan agama Islam, (2) menganalisis religius siswa di SD Muhammadiyah Tamantirto, (3) menganalisis peran guru pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah Tamantirto.
Penelitian ini menggunakan motode deskriptif kualitatif analisis dengan pendekatan atau metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Muhammadiyah Tamantirto. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas V. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman guru pendidikan agama Islam tentang pembentukan karakter religius di SD Muhammadiyah Tamantirto kurang. (1) Guru pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah Tamantirto kurang dalam pemahaman mengenai pembentukan karakter religius. (2) Religiusitas siswa di SD Muhammadiyah Tamantirto cukup baik, ada bermacam-macam religius siswa di SD Muhammadiyah Tamantirto ada siswa yang dengan kesadaran diri melaksanakan ibadah tanpa disuruh oleh guru, ada siswa yang ketika tidak disuruh oleh guru tidak melaksanakan ibadah, ada juga siswa yang ketika melaksanakan ibadah hanya mengikuti teman-temannya saja. (3) Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SD Muhammadiyah Tamantirto sudah berjalan dengan baik peran yang dilakukan oleh para guru pendidikan agama Islam tersebut. Sholat dhuhur berjamaah yang dilakukan setiap harinya, tadarus Al-Quran yang dilakukan sebelum belajar, menghafal surat-surat pendek, kegiatan TPA yang dilakukan 30 menit sebelum jam pelajaran dimulai, kegiatan sholat dhuha yang dilakukan setiap jam istirahat.