dc.contributor.advisor | JAMALUDDIN, SYAKIR | |
dc.contributor.author | ARFIANDA, ANURA | |
dc.date.accessioned | 2019-01-31T02:09:23Z | |
dc.date.available | 2019-01-31T02:09:23Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24071 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasikan prosedur
bisnis e-commerce pada produk, fitur atau konten, metode pembayaran, metode
pengiriman, dan pusat resolusi atau bantuan di toko online dalam etika bisnis
Islam, objek penelitian ini adalah toko online di Tokopedia. Konsep etika bisnis
Islam menggunakan Teori N. Zainul et.al (2004), sifat seorang pengusaha dalam
berbisnis, yaitu Honest (jujur), Truthful (kebenaran), dan Straightforward
(berterus terang).
Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan
dengan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Selanjutnya menggunakan
teknik mengurutkan dan mengorganisasikan data ke dalam pola, kategori, dan
satuan uraian klasifikasi untuk mendapatkan data secara mendalam.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam di
Tokopedia sudah cukup mengikuti etika bisnis Islam dalam ketiga aspek teori N.
Zainul et.al (2004). Dapat di lihat dari Jujur dalam memberikan informasi tentang
produk yang dijual, memberikan kebenaran akan bertanggung jawab apabila
produk yang dikirim terdapat cacat atau tidak sesuai dengan pesanan, berterus
terang menyampaikan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh pembeli, dan
berterus terang mengenai aturan yang terdapat di Tokopedia, seperti pihaknya
sudah menjelaskan barang atau produk yang di perjual belikan sudah sesuai
dengan syariat Islam yang di tentukan. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasikan prosedur
bisnis e-commerce pada produk, fitur atau konten, metode pembayaran, metode
pengiriman, dan pusat resolusi atau bantuan di toko online dalam etika bisnis
Islam, objek penelitian ini adalah toko online di Tokopedia. Konsep etika bisnis
Islam menggunakan Teori N. Zainul et.al (2004), sifat seorang pengusaha dalam
berbisnis, yaitu Honest (jujur), Truthful (kebenaran), dan Straightforward
(berterus terang).
Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan
dengan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Selanjutnya menggunakan
teknik mengurutkan dan mengorganisasikan data ke dalam pola, kategori, dan
satuan uraian klasifikasi untuk mendapatkan data secara mendalam.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam di
Tokopedia sudah cukup mengikuti etika bisnis Islam dalam ketiga aspek teori N.
Zainul et.al (2004). Dapat di lihat dari Jujur dalam memberikan informasi tentang
produk yang dijual, memberikan kebenaran akan bertanggung jawab apabila
produk yang dikirim terdapat cacat atau tidak sesuai dengan pesanan, berterus
terang menyampaikan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh pembeli, dan
berterus terang mengenai aturan yang terdapat di Tokopedia, seperti pihaknya
sudah menjelaskan barang atau produk yang di perjual belikan sudah sesuai
dengan syariat Islam yang di tentukan. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Implementasi, Etika Bisnis Islam, E-commerce | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM BISNIS E-COMMERCE | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
378 | en_US |