Show simple item record

dc.contributor.advisorJAMALUDDIN, SYAKIR
dc.contributor.authorARFIANDA, ANURA
dc.date.accessioned2019-01-31T02:09:23Z
dc.date.available2019-01-31T02:09:23Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24071
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasikan prosedur bisnis e-commerce pada produk, fitur atau konten, metode pembayaran, metode pengiriman, dan pusat resolusi atau bantuan di toko online dalam etika bisnis Islam, objek penelitian ini adalah toko online di Tokopedia. Konsep etika bisnis Islam menggunakan Teori N. Zainul et.al (2004), sifat seorang pengusaha dalam berbisnis, yaitu Honest (jujur), Truthful (kebenaran), dan Straightforward (berterus terang). Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan dengan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Selanjutnya menggunakan teknik mengurutkan dan mengorganisasikan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian klasifikasi untuk mendapatkan data secara mendalam. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam di Tokopedia sudah cukup mengikuti etika bisnis Islam dalam ketiga aspek teori N. Zainul et.al (2004). Dapat di lihat dari Jujur dalam memberikan informasi tentang produk yang dijual, memberikan kebenaran akan bertanggung jawab apabila produk yang dikirim terdapat cacat atau tidak sesuai dengan pesanan, berterus terang menyampaikan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh pembeli, dan berterus terang mengenai aturan yang terdapat di Tokopedia, seperti pihaknya sudah menjelaskan barang atau produk yang di perjual belikan sudah sesuai dengan syariat Islam yang di tentukan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasikan prosedur bisnis e-commerce pada produk, fitur atau konten, metode pembayaran, metode pengiriman, dan pusat resolusi atau bantuan di toko online dalam etika bisnis Islam, objek penelitian ini adalah toko online di Tokopedia. Konsep etika bisnis Islam menggunakan Teori N. Zainul et.al (2004), sifat seorang pengusaha dalam berbisnis, yaitu Honest (jujur), Truthful (kebenaran), dan Straightforward (berterus terang). Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan dengan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Selanjutnya menggunakan teknik mengurutkan dan mengorganisasikan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian klasifikasi untuk mendapatkan data secara mendalam. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam di Tokopedia sudah cukup mengikuti etika bisnis Islam dalam ketiga aspek teori N. Zainul et.al (2004). Dapat di lihat dari Jujur dalam memberikan informasi tentang produk yang dijual, memberikan kebenaran akan bertanggung jawab apabila produk yang dikirim terdapat cacat atau tidak sesuai dengan pesanan, berterus terang menyampaikan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh pembeli, dan berterus terang mengenai aturan yang terdapat di Tokopedia, seperti pihaknya sudah menjelaskan barang atau produk yang di perjual belikan sudah sesuai dengan syariat Islam yang di tentukan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectImplementasi, Etika Bisnis Islam, E-commerceen_US
dc.titleIMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM BISNIS E-COMMERCEen_US
dc.typeThesis SKR FAI 378en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record