Show simple item record

dc.contributor.advisorISMAIL, GHOFFAR
dc.contributor.authorPRILIA, FITA RATU
dc.date.accessioned2019-02-01T01:52:53Z
dc.date.available2019-02-01T01:52:53Z
dc.date.issued2018-11-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24101
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan menganalisis upaya guru mengatasi problematika pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Subjek penelitian guru mata pelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan. Data diperoleh melalui tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping yaitu: (1) kurangnya motivasi belajar siswa; (2) siswa belum bisa dan kurang lancar membaca al-Qurān; (3) kemampuan siswa tidak mencapai standar ketuntasan; (4) materi yang terlalu banyak; dan (5) metode mengajar konvensional. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu: (1) melakukan pendekatan terhadap siswa; (2) menerapkan metode drill dan tutor sebaya; (3) menyampaikan materi secara mendasar dengan menyesuaikan tingkat kebutuhan siswa; (4) pemberian tugas dalam bentuk rangkuman dan pembuatan modul; (5) penggunaan media berupa video pembelajaran. Jika upaya tidak berpengaruh dan tidak diterapkan hal tersebut dikarenakan situasi dan kondisi yang ada ketika proses pembelajaran berlangsung terutama yang berkaitan dengan siswa.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan menganalisis upaya guru mengatasi problematika pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Subjek penelitian guru mata pelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan. Data diperoleh melalui tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping yaitu: (1) kurangnya motivasi belajar siswa; (2) siswa belum bisa dan kurang lancar membaca al-Qurān; (3) kemampuan siswa tidak mencapai standar ketuntasan; (4) materi yang terlalu banyak; dan (5) metode mengajar konvensional. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu: (1) melakukan pendekatan terhadap siswa; (2) menerapkan metode drill dan tutor sebaya; (3) menyampaikan materi secara mendasar dengan menyesuaikan tingkat kebutuhan siswa; (4) pemberian tugas dalam bentuk rangkuman dan pembuatan modul; (5) penggunaan media berupa video pembelajaran. Jika upaya tidak berpengaruh dan tidak diterapkan hal tersebut dikarenakan situasi dan kondisi yang ada ketika proses pembelajaran berlangsung terutama yang berkaitan dengan siswa.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectProblematika, pembelajaran, Al-Islam dan Kemuhamamdiyahanen_US
dc.titlePROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPINGen_US
dc.typeThesis SKR FAI 435en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record