PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan menganalisis upaya guru mengatasi problematika pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Subjek penelitian guru mata pelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan. Data diperoleh melalui tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran Al-Islam dan kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gamping yaitu: (1) kurangnya motivasi belajar siswa; (2) siswa belum bisa dan kurang lancar membaca al-Qurān; (3) kemampuan siswa tidak mencapai standar ketuntasan; (4) materi yang terlalu banyak; dan (5) metode mengajar konvensional. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu: (1) melakukan pendekatan terhadap siswa; (2) menerapkan metode drill dan tutor sebaya; (3) menyampaikan materi secara mendasar dengan menyesuaikan tingkat kebutuhan siswa; (4) pemberian tugas dalam bentuk rangkuman dan pembuatan modul; (5) penggunaan media berupa video pembelajaran. Jika upaya tidak berpengaruh dan tidak diterapkan hal tersebut dikarenakan situasi dan kondisi yang ada ketika proses pembelajaran berlangsung terutama yang berkaitan dengan siswa.