Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAM, MASRSUDI
dc.contributor.authorPRASETYO, ARIES
dc.date.accessioned2019-02-11T01:41:42Z
dc.date.available2019-02-11T01:41:42Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/24329
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peranan guru ISMUBA dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dan siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, (2) Untuk mengkaji perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan pada pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, (3) Untuk menganalisis Apa saja kendala yang di hadapi Guru ISMUBA SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek mengambil sampel terhadap Guru ISMUBA. Data dikumpulkan dengan wawancara sebagai metode utama, observasi dan Dokumentasi sebagai metode pendukung. Data yang sudah diperoleh dianalisis secara deskriptif Kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa dari segi sejarah program menunjukkan kurang, sedangkan dari segi persiapan, proses, dan hasil semuanya menunjukkan baik. hasil penelitian menunjukkan: (1) 1. Peran guru ISMUBA yaitu dengan memberikan materi Al-Qur’an di setiap pelajaran agama dan anak di berikan penambahan materi dengan adanya pesantren ramadhan, bimbingan membaca, dan pembuatan buku bimbingan membaca Al-Qur’an. Kemudian metode yang di gunakan guru ISMUBA sangat beragam diantaranya: menayangkan menggunakan proyektor, terjemah, menuliskan dengan latin, sampai dengan memberikan pemahaman khusus kepada Anak. (2) Banyak sekali perkembangan membaca Anak, dilihat dari hasil belajar siswa di akhir semester, prestasi dalam pelajaran Al-Qur’an dan hadits sangat Bagus, hal tersebut terlihat dari nilai ujian yang diraih anak dari sekitar 350 siswa hanya 20 siswa yang tidak mencapai target KKM yang di tetapkan oleh sekolah. Ada beberapa faktor yang membuat anak tidak mencapai KKM, salah satunya adalah nilai harian yang tidak dilengkapi, nilai sikap, dll. (3) Kendala yang dihadapi guru ISMUBA yaitu diantaranya: faktor dalam diri anak, diantaranya: minat anak terhadap Al-Qur’an yang lemah, kemampuan yang ada dalam diri anak, motivasi yang dimilki amak. Faktor dari luar, diantaranya: latar belakang orang tua, jam mengajar yang minim, pergaulan anak. Faktor tersebut yang membuat anak jadi terhambat dalam memahami dan membaca Al-Qur’an.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peranan guru ISMUBA dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dan siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, (2) Untuk mengkaji perkembangan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Moyudan pada pelajaran Al-Qur’an dan Hadits, (3) Untuk menganalisis Apa saja kendala yang di hadapi Guru ISMUBA SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek mengambil sampel terhadap Guru ISMUBA. Data dikumpulkan dengan wawancara sebagai metode utama, observasi dan Dokumentasi sebagai metode pendukung. Data yang sudah diperoleh dianalisis secara deskriptif Kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa dari segi sejarah program menunjukkan kurang, sedangkan dari segi persiapan, proses, dan hasil semuanya menunjukkan baik. hasil penelitian menunjukkan: (1) 1. Peran guru ISMUBA yaitu dengan memberikan materi Al-Qur’an di setiap pelajaran agama dan anak di berikan penambahan materi dengan adanya pesantren ramadhan, bimbingan membaca, dan pembuatan buku bimbingan membaca Al-Qur’an. Kemudian metode yang di gunakan guru ISMUBA sangat beragam diantaranya: menayangkan menggunakan proyektor, terjemah, menuliskan dengan latin, sampai dengan memberikan pemahaman khusus kepada Anak. (2) Banyak sekali perkembangan membaca Anak, dilihat dari hasil belajar siswa di akhir semester, prestasi dalam pelajaran Al-Qur’an dan hadits sangat Bagus, hal tersebut terlihat dari nilai ujian yang diraih anak dari sekitar 350 siswa hanya 20 siswa yang tidak mencapai target KKM yang di tetapkan oleh sekolah. Ada beberapa faktor yang membuat anak tidak mencapai KKM, salah satunya adalah nilai harian yang tidak dilengkapi, nilai sikap, dll. (3) Kendala yang dihadapi guru ISMUBA yaitu diantaranya: faktor dalam diri anak, diantaranya: minat anak terhadap Al-Qur’an yang lemah, kemampuan yang ada dalam diri anak, motivasi yang dimilki amak. Faktor dari luar, diantaranya: latar belakang orang tua, jam mengajar yang minim, pergaulan anak. Faktor tersebut yang membuat anak jadi terhambat dalam memahami dan membaca Al-Qur’an.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPeran Guru, Peningkatan Membaca Al-Qur’an.en_US
dc.titleUPAYA GURU ISMUBA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record