Show simple item record

dc.contributor.advisorNURJANNAH, ADHIANTY
dc.contributor.authorMUBARAK, HAEDAR
dc.date.accessioned2016-09-22T02:04:59Z
dc.date.available2016-09-22T02:04:59Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2501
dc.descriptionPositioning dalam sebuah stasiun televisi memiliki peranan penting agar stasiun televisi dapat bertahan dan menjaga eksistensinya dalam situasi yang semakin kompetitif, maka diperlukan suatu strategi positioning. Batik TV Pekalongan sebagai stasiun televisi lembaga penyiaran publik lokal yang dikelola oleh Pemerintah Kota Pekalongan belum ada pesaing stasiun televisi yang berstatus sebagai televisi lokal, namun Batik TV Pekalongan perlu melakukan positioning yang tepat. Mulai dari stasion identity, logo televisi, gaya siaran, program acara, serta perlu memiliki ciri khas kepribadian yang unik dan berbeda dalam menyampaikan informasi dan hiburan agar dapat mudah diterima penonton dan dapat berpengaruh pada keberhasilan menanamkan citra televisi publik lokal kepada masyarakat lokal, khususnya warga kota Pekalongan dan sekitarnya. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Batik TV Pekalongan. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, studi pustaka serta wawancara kepada HRD, kepala programming dan staf lain yang dianggap kompeten dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu pengumpulan data, wawancara dan observasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi positioning Batik TV Pekalongan yang dilakukan adalah mewujudkan media transparasi informasi dan partisipasi Pemerintahan Kota Pekalongan. Batik TV membangun dan mengembangkan TV berbasis lembaga penyiaran publik lokal sebagai tontonan masyarakat daerah setempat dalam mengetahui perkembangan kotanya dan mencari hiburan yang mendidik.en_US
dc.description.abstractPositioning dalam sebuah stasiun televisi memiliki peranan penting agar stasiun televisi dapat bertahan dan menjaga eksistensinya dalam situasi yang semakin kompetitif, maka diperlukan suatu strategi positioning. Batik TV Pekalongan sebagai stasiun televisi lembaga penyiaran publik lokal yang dikelola oleh Pemerintah Kota Pekalongan belum ada pesaing stasiun televisi yang berstatus sebagai televisi lokal, namun Batik TV Pekalongan perlu melakukan positioning yang tepat. Mulai dari stasion identity, logo televisi, gaya siaran, program acara, serta perlu memiliki ciri khas kepribadian yang unik dan berbeda dalam menyampaikan informasi dan hiburan agar dapat mudah diterima penonton dan dapat berpengaruh pada keberhasilan menanamkan citra televisi publik lokal kepada masyarakat lokal, khususnya warga kota Pekalongan dan sekitarnya. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Batik TV Pekalongan. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, studi pustaka serta wawancara kepada HRD, kepala programming dan staf lain yang dianggap kompeten dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu pengumpulan data, wawancara dan observasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi positioning Batik TV Pekalongan yang dilakukan adalah mewujudkan media transparasi informasi dan partisipasi Pemerintahan Kota Pekalongan. Batik TV membangun dan mengembangkan TV berbasis lembaga penyiaran publik lokal sebagai tontonan masyarakat daerah setempat dalam mengetahui perkembangan kotanya dan mencari hiburan yang mendidik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectSTRATEGI POSITIONING, BATIK TV, LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKALen_US
dc.titleSTRATEGI POSITIONING BATIK TV PEKALONGAN SEBAGAI TELEVISI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK LOKAL PERIODE 2014-2015 (POSITIONING STRATEGY OF BATIK TV PEKALONGAN AS LOCAL PUBLIC TELEVISION BROADCASTING INSTITUTIONS PERIODE 2014-2015)en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 325en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record