Show simple item record

dc.contributor.authorRASYID, HARYADI ARIEF NUUR
dc.date.accessioned2019-02-20T02:43:24Z
dc.date.available2019-02-20T02:43:24Z
dc.date.issued2019-02-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25078
dc.description.abstractPenelitian ini memfokuskan diri pada penggunaan model iklan kesukuan di dalam periklanan. Peneliti menggunakan metode eksperimen laboratorium dengan desain faktorial antar subyek 2 x 2. Faktor-faktor yang dimanipulasi adalah kesukuan model iklan (model iklan Tionghoa versus model iklan Jawa) dan kategori produk kesukuan (produk kesukuan Tionghoa versus produk kesukuan Jawa). Partisipan yang digunakan adalah 160 siswa perempuan dari SMA Steladuce 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan kesukuan minoritas Tionghoa di dalam lingkungan kesukuan mayoritas Jawa menyebabkan individu dari kesukuan minoritas Tionghoa menjadi lebih sensitif di dalam memberikan pengacuan diri terhadap iklan dengan model iklan Tionghoa (H-2). Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengacuan diri individu terhadap iklan dengan model iklan yang sesuai dengan kesukuan individu dapat mempengaruhi sikap individu di dalam periklanan (H-2a, H-2b, H-2c). Selanjutnya hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan produk dari kesukuan mayoritas Jawa dapat memoderasi pengacuan diri individu konsumen terhadap iklan yang menggunakan model iklan dari kesukuan minoritas Tionghoa (H-3a dan H-3b)en_US
dc.subjectpengacuan diri, sikap pada model iklan, sikap pada iklan, sikap pada merek produk, model iklan kesukuan, kategori produk kesukuan.en_US
dc.titleEFEK PENGGUNAAN MODEL IKLAN KESUKUAN DALAM PERIKLANANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SEMINAR
    Berisi materi dosen (bukan sertifikat) yang dipresentasikan dalam seminar lokal, nasional maupun internasional diluar UMY, baik sebagai perserta Call for Paper, presenter, narasumber maupun keynote speaker.

Show simple item record