dc.description.abstract | Latar Belakang:Menurut AIPNI, (201), kurikulum Inti Pendidikan Ners
Indonesia 2015 juga menetapkan elemen professional behavior sebagai salah
satu kompetensi lulusan ners. Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
Beberapa isu penting dalam professional behavior khususnya integritas
akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang
berpengaruh terhadap integritas akademik mahasiswa Keperawatan Program
Pendidikan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura
Metode: Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif
kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa Program Pendidikan Keperawatan Wamena Politeknik Kesehatan
Kemenkes Jayapura semester I yang berjumlah 73 orang, III yang berjumlah
59 orang, dan semester V yang berjumlah 60 orang. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis regresi berganda
Hasil: (1) Analisis faktor eksternal menunjukkan bahwa terdapat hubungan
yang positif dan signifikan antara indikator kompetisi, situasional, dan
penerapan peraturan dengan integritas akademik. Sedangkan indikator
pengawasan dengan integritas akademik tidak terdapat hubungan yang
signifikan (2) Analisis faktor internal menunjukkan bahwa terdapat hubungan
yang positif dan signifikan antara indikator efikasi diri dan budaya dengan
integritas akademik. Sedangkan indikator perkembangan moral dan religi
dengan integritas akademik tidak terdapat hubungan yang signifikan.
xii
Kesimpulan: Faktor eksternal (indikator kompetisi, situasional, dan
penerapan peraturan) dan internal (efikasi diri dan budaya) berhubungan
secara positif dan signifikan dengan integritas akademik mahasiswa
Keperawatan Program Pendidikan Keperawatan Politeknik Kesehatan
Kemenkes Jayapura. | en_US |