Show simple item record

dc.contributor.advisorANUGRAH, RINASA AGISTYA
dc.contributor.authorMUZAKIR, ACHMAD ABDUL
dc.date.accessioned2019-03-18T07:27:17Z
dc.date.available2019-03-18T07:27:17Z
dc.date.issued2019-01-28
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25737
dc.descriptionNegara indonesia merupakan negara yang sebagian besarnya adalah perairan, oleh sebab itu dibuatlah kapal prototipe dengan pengendali remote control ( RC ). Kapal prototipe merupakan sebuah gambaran perbandingan terhadap kapal sebenarnya. Untuk itu dilakukan penelitian bagaimana cara kerja kapal prototipe, berapa kecepatan manuvernya, jarak jangkauan remote terhadah kapal dan lamanya waktu kapasitas daya batrai akan habis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tali, stopwatch, penggaris busur dan benda uji. Dengan menggunakan alat tersebut maka akan bisa didapatkan hasil kecepatan kapal saat melakukan manuver terhadap sudut yang telah ditentukan, jangkauan maksimal jarak remote terhadap kapal dan lamanya kapasitas daya batrai akan habis. Hasil penelitian yang telah diuji pada kapal prototipe pengendali remote control ( RC ), kecepatan manuver tertinggi terdapat pada sudut 900 yaitu sebesar 0,407 m/s dan kecepatan terendah pada sudut 1800 yaitu sebesar 0,376 m/s. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa semkin kecil sudut manuver maka semakin cepat kecepatan kapal bermanuver dan semkin besar sudut manuver maka semakin lambat kecepatan kapal bermanuveren_US
dc.description.abstractIndonesia is a country whose majority of its territory is water, and thus a ship prototype using remote control (RC) was made. Therefore, a research on how the ship prototype works and its maneuvering speed were conducted. The research was conducted using rope, stopwatch, and ruler arc. Using those tools, a result on the ship’s velocity when maneuvering on preset angle can be obtained. The research result tested on the ship prototype using remote control (RC) indicated that the highest maneuvering speed obtained was on 900 in as much as 0,406 m/s and the lowest maneuvering speed obtained was on 1800 in as much as 0,376 m/s. As referring to these results, it can be concluded that the smaller the maneuvering angle is, the higher the maneuvering speed of the ship is; and the wider the maneuvering angle is, the lower the maneuvering speed of the ship is.en_US
dc.publisherPROGRAM VOKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectprototype ship, maneuvering angle, maneuvering speeden_US
dc.titleANALISIS SISTEM KENDALI PROTOTIPE KAPAL PENUMPANG DENGAN PENGENDALI REMOTE CONTROL ( RC )en_US
dc.typeThesis SKR FT 684en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record