dc.contributor.advisor | ANUGRAH, RINASA AGISTYA | |
dc.contributor.author | MUZAKIR, ACHMAD ABDUL | |
dc.date.accessioned | 2019-03-18T07:27:17Z | |
dc.date.available | 2019-03-18T07:27:17Z | |
dc.date.issued | 2019-01-28 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25737 | |
dc.description | Negara indonesia merupakan negara yang sebagian besarnya adalah perairan, oleh sebab itu dibuatlah kapal prototipe dengan pengendali remote control ( RC ). Kapal prototipe merupakan sebuah gambaran perbandingan terhadap kapal sebenarnya. Untuk itu dilakukan penelitian bagaimana cara kerja kapal prototipe, berapa kecepatan manuvernya, jarak jangkauan remote terhadah kapal dan lamanya waktu kapasitas daya batrai akan habis.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan tali, stopwatch, penggaris busur dan benda uji. Dengan menggunakan alat tersebut maka akan bisa didapatkan hasil kecepatan kapal saat melakukan manuver terhadap sudut yang telah ditentukan, jangkauan maksimal jarak remote terhadap kapal dan lamanya kapasitas daya batrai akan habis.
Hasil penelitian yang telah diuji pada kapal prototipe pengendali remote control ( RC ), kecepatan manuver tertinggi terdapat pada sudut 900 yaitu sebesar 0,407 m/s dan kecepatan terendah pada sudut 1800 yaitu sebesar 0,376 m/s. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa semkin kecil sudut manuver maka semakin cepat kecepatan kapal bermanuver dan semkin besar sudut manuver maka semakin lambat kecepatan kapal bermanuver | en_US |
dc.description.abstract | Indonesia is a country whose majority of its territory is water, and thus a ship prototype using remote control (RC) was made. Therefore, a research on how the ship prototype works and its maneuvering speed were conducted.
The research was conducted using rope, stopwatch, and ruler arc. Using those tools, a result on the ship’s velocity when maneuvering on preset angle can be obtained.
The research result tested on the ship prototype using remote control (RC) indicated that the highest maneuvering speed obtained was on 900 in as much as 0,406 m/s and the lowest maneuvering speed obtained was on 1800 in as much as 0,376 m/s. As referring to these results, it can be concluded that the smaller the maneuvering angle is, the higher the maneuvering speed of the ship is; and the wider the maneuvering angle is, the lower the maneuvering speed of the ship is. | en_US |
dc.publisher | PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | prototype ship, maneuvering angle, maneuvering speed | en_US |
dc.title | ANALISIS SISTEM KENDALI PROTOTIPE KAPAL PENUMPANG DENGAN PENGENDALI REMOTE CONTROL ( RC ) | en_US |
dc.type | Thesis SKR FT 684 | en_US |