dc.contributor.advisor | WARDANINGSIH, SHANTI | |
dc.contributor.author | UTAMI, ANINDYA SEKAR | |
dc.date.accessioned | 2016-09-23T01:42:35Z | |
dc.date.available | 2016-09-23T01:42:35Z | |
dc.date.issued | 2016-08-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2609 | |
dc.description | Kecemasan menjadi jenis gangguan mental paling sering terjadi di dunia,
termasuk Indonesia. Salah satu hal yang dapat menimbulkan kecemasan adalah
Ujian Nasional karena banyak materi yang harus dipelajari dan siswa merasa takut
hasil ujian tidak memuaskan. Cemas yang berlebihan dapat mengganggu secara
fisik, kognitif, emosional, dan perilaku. Gangguan kecemasan dapat ditangani
dengan cara farmakologi dan non-farmakologi. Salah satu teknik non-farmakologi
untuk kecemasan adalah terapi wudhu. Berwudhu memiliki prinsip penanganan
kecemasan yang sama dengan hidroterapi, di samping itu juga memiliki nilai
ibadah bagi yang melakukannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh
berwudhu terhadap tingkat kecemasan pada siswa SMA yang menghadapi Ujian
Nasional.
Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian pre-post
test with control group. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden, yang
dipilih melalui simple random sampling. Instrumen kecemasan yang digunakan
adalah S-AI (State-Anxiety Inventory). Data dianalisis signifikansinya dengan uji
statistik T-Test.
Hasil analisis paired t-test menunjukkan nilai p=0,000 (p<0,05) pada
kelompok intervensi dan p=0,948 (p>0,05) pada kelompok kontrol, artinya
terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi sebelum dan setelah
terapi berwudhu, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berwudhu
terhadap tingkat kecemasan pada siswa SMA yang menghadapi Ujian Nasional. | en_US |
dc.description.abstract | Anxiety becomes the most common class of mental disorder present in the
world, including Indonesia. One of the things that could cause anxiety was
National Examination. The anxiety arised because there was a lot of subject to be
learned and students were afraid the exam result were not satisfactory. Excessive
anxiety could interfere physical, cognitive, emotional, and behavioral. Anxiety
could be treated with pharmacological and non-pharmacological therapy. One of
non-pharmacological therapy was wudu’ therapy. Wudu’ had the same principles
with hydrotherapy in the treatment of anxiety; besides, it also had worship value
for the people who did this therapy.
The purpose of this study to determine the effect of wudu’ towards anxiety
level of Senior High School students in National Examination.
This study was an quasy experiment with pre-post test with control group
design. Sample of this study were 70 respondents that had been chosen by
accidental sampling. This study used S-AI (State-Anxiety Inventory) instrument to
measure anxiety level. The data would analyze with statistical test of T-Test.
Paired t-test results showed p value=0,000 (p<0,05) in intervention group
and p=0,948 (p>0,05) in control group, it means that there were significant
difference in intervention group before and after wudu’. In conclusion, wudu’
therapy affect the level of anxiety of Senior High School students in National
Examination | en_US |
dc.publisher | FKIK UMY | en_US |
dc.subject | Anxiety, National Examination, wudu’ therapy Kecemasan, terapi wudhu, Ujian Nasional | en_US |
dc.title | PENGARUH BERWUDHU TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA SISWA SMA YANG MENGHADAPI UJIAN NASIONAL | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
249 | en_US |