Show simple item record

dc.contributor.authorIndraswari, Thamita
dc.date.accessioned2019-05-28T07:53:31Z
dc.date.available2019-05-28T07:53:31Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/26702
dc.descriptionProgram Studi Pendidikan Bahasa Jepang berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mulai melaksanakan kegiatan perkuliahan pada bulan September 2012, atas dasar surat pertimbangan dan izin penyelenggaraan studi dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, kemudian secara resmi berdiri pada tanggal 13 Desember 2012, sesuai dengan SK Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 143/E/O/2012 tentang penyelenggaraan program studi Pendidikan Bahasa Jepang. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang memiliki visi yaitu “Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang yang Unggul, Profesional, Berkarakter, Berwawasan Internasional yang Berlandaskan Nilai-nilai Islam untuk Kemaslahatan Umat” serta memiliki misi sebagai berikut: 1. menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat secara profesional di bidang pendidikan bahasa Jepang, 2. mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan pendidikan bahasa Jepang yang berakhlak mulia, berwawasan dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan visi dan misi tersebut, maka ditetapkan bahwa PBJ UMY mengarahkan lulusannya untuk dapat menjadi bagian dari masyarakat dan lingkungan kerja, yang diarahkan untuk dapat berkarya dalam bidang Bahasa Jepang dan Pendidikan Bahasa Jepang sebagai pendidik, penterjemah, dan peneliti. Untuk mendukung proses pencapaian kompetensi sebagai pendidik Bahasa Jepang, maka PBJ UMY merancang kegiatan internship (magang) ke lembaga pembelajaran Bahasa Jepang formal setingkat sekolah menengah atas (SMA) maupun SMK. Kegiatan magang ini diberikan secara bertahap, pada semester IV, V, dan VIII. Kegiatan magang ini dilaksanakan sesuai dengan landasan hukum yang tercantum dalam Pedoman Rintisan Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi pada tahun 2012. Kegiatan magang merupakan bagian penting dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru profesional. Jurnal Jisshu dirancang sebagai panduan pelaksanaan kegiatan sekaligus catatan kinerja para mahasiswa magang, dan memuat sebagian poin penilaian atas mahasiswa magang yang diberikan oleh guru pamong di sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.titleJurnal Jisshuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Books
    Berisi buku-buku karya dosen UMY yang diterbitkan oleh penerbit selain UMY Press dan buku ajar dosen.

Show simple item record