Show simple item record

dc.contributor.advisorSUKMONO, FILOSA GITA
dc.contributor.authorWIBOWO, OKY TRI
dc.date.accessioned2019-06-21T02:23:45Z
dc.date.available2019-06-21T02:23:45Z
dc.date.issued2019-03-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27470
dc.descriptionIklan Extra Joss tahun 2017 mengandung unsur maskulinitas di dalam iklannya, yang ditampilkan dalam bentuk simbol dan adegan-adegan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerimaan penonton terhadap maskulinitas dalam iklan Extra Joss tahun 2017 melalui pemaknaan informan Fix Production dan Prolog Gym. Penelitian ini menggunakan kajian khalayak atau metode reception analysis oleh Stuart Hall encoding-decoding, yang meliputi dominant hegemonic, negotiated position dan oppositional position. Hasil dalam penelitian ini menunjukan penerimaan penonton Fix Production dan Prolog Gym dalam iklan Extra Joss tahun 2017 yang meliputi: maskulinitas dalam hal berotot, maskulinitas dalam hal kekuatan, maskulinitas dalam hal keringat, maskulinitas dalam hal kejantanan dan maskulinitas dalam hal properti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua informan dari Fix Production dan Prolog Gym mayoritas berada di posisi dominant hegemonic dan negotiated position seimbang yang berarti murni menyetujui dan menyetujui dengan syarat penggambaran maskulinitas yang ditampilkan dalam iklan Extra Joss tahun 2017, tetapi informan juga berada di oppositional position di beberapa bagian iklannya. Hasil dari informan ini dipengaruhi dari latar belakang, pemahaman dan pengalaman individu masing-masing informan.en_US
dc.description.abstractIklan Extra Joss tahun 2017 mengandung unsur maskulinitas di dalam iklannya, yang ditampilkan dalam bentuk simbol dan adegan-adegan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerimaan penonton terhadap maskulinitas dalam iklan Extra Joss tahun 2017 melalui pemaknaan informan Fix Production dan Prolog Gym. Penelitian ini menggunakan kajian khalayak atau metode reception analysis oleh Stuart Hall encoding-decoding, yang meliputi dominant hegemonic, negotiated position dan oppositional position. Hasil dalam penelitian ini menunjukan penerimaan penonton Fix Production dan Prolog Gym dalam iklan Extra Joss tahun 2017 yang meliputi: maskulinitas dalam hal berotot, maskulinitas dalam hal kekuatan, maskulinitas dalam hal keringat, maskulinitas dalam hal kejantanan dan maskulinitas dalam hal properti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua informan dari Fix Production dan Prolog Gym mayoritas berada di posisi dominant hegemonic dan negotiated position seimbang yang berarti murni menyetujui dan menyetujui dengan syarat penggambaran maskulinitas yang ditampilkan dalam iklan Extra Joss tahun 2017, tetapi informan juga berada di oppositional position di beberapa bagian iklannya. Hasil dari informan ini dipengaruhi dari latar belakang, pemahaman dan pengalaman individu masing-masing informan.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectResepsi Audiens, Maskulinitas dan Iklan Extra Jossen_US
dc.titlePENERIMAAN PENONTON TERHADAP MASKULINITAS DALAM IKLAN EXTRA JOSS TAHUN 2017 (STUDI PADA RUMAH PRODUKSI FIX PRODUCTION DAN MEMBER FITNES PROLOG GYM)en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 285en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record