dc.contributor.advisor | PUSPITOSARI, WARIH ANDAN | |
dc.contributor.author | THEGAR, ILHAM | |
dc.date.accessioned | 2019-06-29T02:20:01Z | |
dc.date.available | 2019-06-29T02:20:01Z | |
dc.date.issued | 2019-05-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27570 | |
dc.description | Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Mengetahui efektifas
Permainan Mono-Aksi (Monopoli Interaksi) terhadap skor depresi pada anak
Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul; Menganalisis
skor depresi subyek sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok eksperimen.
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah
dengan mengisi kuesioner. Jenis penelitian ini adalah Quasi
Eksperiment/Eksperimen Semu dengan rancangan Pre test-Post test. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa atau siswi sekolah dasar (SD) muhammadiyah
tamantirto kasihan bantul. Analisa data menggunakan Analisis deskriptif
menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tidak
terdapat efektifitas permainan Mono-aksi (Monopoli Interaksi) terhadap skor
depresi pada anak Sekolah Dasar (SD) Muhammdiyah Tamantirto Kasihan
Bantul; hasil analisis data skor depresi subyek sebelum dan sesudah intervensi
menuggunakan uji paired sampel T-test didapatkan angka sig.603 yang artinya
lebih dari 0,05 maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna
untuk pretest dan postest kelas experiment; Hasil Berdasarkan Uji Independent Ttest
: kelas intervensi – kontrol Sig (1,000). | en_US |
dc.description.abstract | The purpose of this research is : to find out the effectiveness of Interactive
monopoly game towards depression score on the elementary students in SD
muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul, to analyze the subjects’ depression
score in the experiment group before and after intervention. The instrument used
to collect the data in this research was questionnaire. The type of this research
was Quasi Experiment which included Pretest – Postest design. The population
was male and female elementary students in SD muhammadiyah tamantirto
kasihan bantul. The data analysis was descriptive using SPSS program. The result
of this research shows that : there is no effectiveness of Interative Monopoly game
towards the depression score on the elementary students in SD Muhammadiyah
Tamantirto Kasihan Bantul, the analysis of the subjects’ depression score before
and after intervention was using T-test sample paired test, resulting in sig.603,
meaning that it is more than 0,05. Therefore, it can be concluded that there is no
significant difference between the pre-test and the post-test of the experiment
class croup. The T-test independent test result is: intervention class-control Sig
(1,000). | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Interaction Monopoly Game, Monopoly, Depression Score | en_US |
dc.title | EFEKTIFITAS PERMAINAN MONO-AKSI (MONOPOLI INTERAKSI) TERHADAP SKOR DEPRESI PADA ANAK DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
133 | en_US |