Show simple item record

dc.contributor.advisorPUSPITOSARI, WARIH ANDAN
dc.contributor.authorTHEGAR, ILHAM
dc.date.accessioned2019-06-29T02:20:01Z
dc.date.available2019-06-29T02:20:01Z
dc.date.issued2019-05-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27570
dc.descriptionTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Mengetahui efektifas Permainan Mono-Aksi (Monopoli Interaksi) terhadap skor depresi pada anak Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul; Menganalisis skor depresi subyek sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan mengisi kuesioner. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment/Eksperimen Semu dengan rancangan Pre test-Post test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa atau siswi sekolah dasar (SD) muhammadiyah tamantirto kasihan bantul. Analisa data menggunakan Analisis deskriptif menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tidak terdapat efektifitas permainan Mono-aksi (Monopoli Interaksi) terhadap skor depresi pada anak Sekolah Dasar (SD) Muhammdiyah Tamantirto Kasihan Bantul; hasil analisis data skor depresi subyek sebelum dan sesudah intervensi menuggunakan uji paired sampel T-test didapatkan angka sig.603 yang artinya lebih dari 0,05 maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna untuk pretest dan postest kelas experiment; Hasil Berdasarkan Uji Independent Ttest : kelas intervensi – kontrol Sig (1,000).en_US
dc.description.abstractThe purpose of this research is : to find out the effectiveness of Interactive monopoly game towards depression score on the elementary students in SD muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul, to analyze the subjects’ depression score in the experiment group before and after intervention. The instrument used to collect the data in this research was questionnaire. The type of this research was Quasi Experiment which included Pretest – Postest design. The population was male and female elementary students in SD muhammadiyah tamantirto kasihan bantul. The data analysis was descriptive using SPSS program. The result of this research shows that : there is no effectiveness of Interative Monopoly game towards the depression score on the elementary students in SD Muhammadiyah Tamantirto Kasihan Bantul, the analysis of the subjects’ depression score before and after intervention was using T-test sample paired test, resulting in sig.603, meaning that it is more than 0,05. Therefore, it can be concluded that there is no significant difference between the pre-test and the post-test of the experiment class croup. The T-test independent test result is: intervention class-control Sig (1,000).en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectInteraction Monopoly Game, Monopoly, Depression Scoreen_US
dc.titleEFEKTIFITAS PERMAINAN MONO-AKSI (MONOPOLI INTERAKSI) TERHADAP SKOR DEPRESI PADA ANAK DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO KASIHAN BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 133en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record