dc.contributor.author | ARYANTI, FIFIN | |
dc.date.accessioned | 2019-07-06T02:14:42Z | |
dc.date.available | 2019-07-06T02:14:42Z | |
dc.date.issued | 2019-03-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27733 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui latar belakang sosial
ekonomi dan tempat tinggal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta; (2) Mengetahui hasil belajar Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta; (3) Mengetahui pengaruh hasil belajar Mahasiswa
Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif
deskriftif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif
deskreftif dengan model regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Jumlah
populasi dalam penelitian ini adalah 100 siswa. Teknik pengampilan sampel yaitu
dengan random sampling dengan jumlah keseluruhan 189 Mahasiswa. Adapun
analisis data secara deskriftif, uji anova, uji regresi sederhana, uji regresi ganda
dan uji hipotesis.
Hasil menunjukkan bahwa: (1) Latar Belakang Sosial Ekonomi
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta ada kategori sedang, yaitu sebesar 56 %; (2) Tempat Tinggal
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta pada kategori tinggi, yaitu sebesar 99 %; (3) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara Latar Belakang Sosial Dan Tempat Tinggal Terhadap Hasil
Belajar Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta 1,8 % dan 98,2 % dipengaruhi oleh faktor lain. | en_US |
dc.description.abstract | This research aims to: (1) find out the socio-economic background and
residence of the students of Islamic Education Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta, (2) find out the learning outcome of the students of Islamic Education
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, (3) find out the influence of the socioeconomic
background and residence toward the learning outcome of the students of
Islamic Education Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
The method used in this research was descriptive quantitative approach and
the type of research used was descriptive quantitative with simple linear regression
and multiple linear regression. The number of population in this research was 100
students. The sample collection technique applied random sampling with overall
sample number of 189 students. The data analysis applied descriptive analysis, Anova
test, simple regression test, multiple regression test, and hypothesis test.
The results show that: (1)The socio-economic background of the students of
Islamic Education Universitas Muhammadiyah is categorized as moderate that is
56%; (2) The residence of the students of Islamic Education Universitas
Muhammadiyah is categorized as high that is 99%; (3) There is a significant
influence between the socio-economic background and residence toward the learning
outcome of the students of Islamic Education Universitas Muhammadiyah that is
1.8% and 98.2% is influenced by other factors | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Socio-economic Background, Residence, Learning Outcome | en_US |
dc.title | PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI DAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
115 | en_US |