Show simple item record

dc.contributor.advisorTAUFIQURRAHMAN, TAUFIQURRAHMAN
dc.contributor.authorHAFSARI, EVI
dc.date.accessioned2019-07-10T07:12:40Z
dc.date.available2019-07-10T07:12:40Z
dc.date.issued2019-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27830
dc.descriptionPT Pusri Palembang menunjukan bentuk tanggung jawab sosial dan kepeduliannya terhadap komunitas sekitar melalui Program Bina Lingkungan yang merupakan bagian dari Departemen PKBL. Menghadirkan program-program hibah menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan karena dapat menghasilkan tingkat kepuasan yang beragam dari masyarakat, sehingga perlu pola manajemen community relations yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen community relations PT Pusri Palembang melalui Program Bina Lingkungan (BL) pada tahun 2018. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara sebanyak delapan informan, di antaranya tokoh masyarakat, masyarakat umum dan pihak Bina Lingkungan. Selain itu pengumpulan data juga menggunakan studi dokumen. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ialah, Bina Lingkungan mengemas berbagai kebutuhan masyarakat ke dalam empat dari tujuh aspek yakni, sosial kemasyarakatan (ekonomi), pendidikan, kesehatan serta sarana dan prasarana. Program-program yang dihadirkan di dalamnya didasari oleh peraturan Undang-undang BUMN dan rekomendasi program dari social mapping yang dilakukan oleh konsultan. Dengan lima tahapan manajemen mulai dari identifikasi sampai evaluasi. Program-program yang dihadirkan sejauh ini mengantarkan pada persepsi positif masyarakat meskipun di dalam tahapan manajemennya terdapat beberapa hal yang belum optimal seperti teknis, komunikasi, dan evaluasi. Peneliti mendapati Bina Lingkungan (BL) belum melakukan prinsip community relations secara ideal di mana prinsip yang diterapkan merujuk pada prinsip old defensive approach. Salah satu ciri pada prinsip ini yaitu belum mengoptimalkan sisi komunikasi dan kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat utama dalam mengelola hubungan dengan masyarakat.en_US
dc.description.abstractPT Pusri Palembang shows their social responsibility and concern on the environmental development programs (BL) that are part of PKBL. Presenting charity programs is a challenge for the company because it can produce varying levels of satisfaction from the community, thus it needs good community relations management pattern. This study aims to describe the management of PT Pusri Palembang community relations through the community development program (BL). the researcher used descriptive qualitative method with eight data informants collecting interviews, including community leaders, the general public, and BL. Besides that data collection also uses document studies. The result of the research that has been done are, in meeting the needs of the surrounding community that has been mapped, BL packs it into four of the seven aspects, namely, social (economic), education, health, then facilities and infrastructure, this based on the law of the Ministry of BUMN and social mapping from consultant. With five stages of management ranging from identification to evaluation. The programs presented so far have led to a positive public perception of the company, due to community feel they have been helped enough. Although in the management stages there are some things that are not optimal such as technical, communication, and evaluation. Researchers found that BL had not done the priciple of community relations ideally, where the principle applied refers to the principle of the old defensive approach. One characteristics of this principle was the communication and collaboration between the company and the main community in managing social relationship had not optimalen_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectManajemen, community relations, corporate, community development.en_US
dc.titleMANAJEMEN COMMUNITY RELATIONS PT PUPUK SRIWIDJAJAen_US
dc.title.alternativeSTUDI DESKRIPTIF KUALITATIF COMMUNITY RELATIONS DEPARTEMEN PKBL MELALUI PROGRAM BINA LINGKUNGAN TAHUN 2018en_US
dc.typeThesis SKR 559en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record