Show simple item record

dc.contributor.authorSUPRAYOGIE, SUPRAYOGIE
dc.contributor.authorKAMARDIANI, DIAH RINA
dc.contributor.authorSRIYADI, SRIYADI
dc.date.accessioned2019-07-11T04:01:30Z
dc.date.available2019-07-11T04:01:30Z
dc.date.issued2019-03-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27872
dc.descriptionIkan nila merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Sleman. Hal tersebut ditunjukan dengan Kecamatan Ngemplak sebagai produksi ikan nila tertinggi di Kabupaten Sleman. Produksi tinggi tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya DIY dan sebagai tambahan asupakan gizi bagi masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui saluran pemasaran ikan nila di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, (2) biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaram, dan farmer’s share di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, (3) efisiensi pemasaran di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Responden petani diambil secara sensus sebanyak 49 orang dan responden lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling sebanyak 12 orang. Pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat saluran pemasaran yaitu (1) Produsen – konsumen, (2) produsen – pedagang pengepul – pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen. (3) produsen – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen. (4) produsen – pedagang besar – konsumen. Adapun biaya pemasaran yang dikeluarkan pada saluran II sebesar Rp 1.801,64/kg, margin pemasaran Rp 8.000/kg, dan Keuntungan pemasaran Rp 6.198,36/kg. Biaya pemasaran pada saluran III sebesar Rp 1.518,37/kg, margin pemasaran Rp 7.000/kg, dan keuntungan pemasaran Rp 5.481.03/kg. sedangkan biaya pemaaran pada saluran IV sebesar Rp 828,20/kg, margin pemasaran Rp 6.000/kg, dan keuntungan pemasaran Rp 5.171,80/kg. Farmer’s share pada saluran I sebesar 100%, saluran II 75%, saluran III 78%, dan saluran IV 80%. Kemudian, IET pada saluran IV 20,24 paling efisien, saluran III 21,38, dan saluran II 52,99. Sedangkan IEE pada saluran II 3,44 paling efisien, saluran III 3,61 dan saluran IV 6,2.en_US
dc.description.abstractIkan nila merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Sleman. Hal tersebut ditunjukan dengan Kecamatan Ngemplak sebagai produksi ikan nila tertinggi di Kabupaten Sleman. Produksi tinggi tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya DIY dan sebagai tambahan asupakan gizi bagi masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui saluran pemasaran ikan nila di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, (2) biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaram, dan farmer’s share di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, (3) efisiensi pemasaran di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Responden petani diambil secara sensus sebanyak 49 orang dan responden lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling sebanyak 12 orang. Pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat saluran pemasaran yaitu (1) Produsen – konsumen, (2) produsen – pedagang pengepul – pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen. (3) produsen – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen. (4) produsen – pedagang besar – konsumen. Adapun biaya pemasaran yang dikeluarkan pada saluran II sebesar Rp 1.801,64/kg, margin pemasaran Rp 8.000/kg, dan Keuntungan pemasaran Rp 6.198,36/kg. Biaya pemasaran pada saluran III sebesar Rp 1.518,37/kg, margin pemasaran Rp 7.000/kg, dan keuntungan pemasaran Rp 5.481.03/kg. sedangkan biaya pemaaran pada saluran IV sebesar Rp 828,20/kg, margin pemasaran Rp 6.000/kg, dan keuntungan pemasaran Rp 5.171,80/kg. Farmer’s share pada saluran I sebesar 100%, saluran II 75%, saluran III 78%, dan saluran IV 80%. Kemudian, IET pada saluran IV 20,24 paling efisien, saluran III 21,38, dan saluran II 52,99. Sedangkan IEE pada saluran II 3,44 paling efisien, saluran III 3,61 dan saluran IV 6,2.en_US
dc.publisherPROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPemasaran, Margin, Keuntungan, Biaya, Efisiensien_US
dc.titlePEMASARAN IKAN NILA DI KECAMATAN NGEMPLAK, KABUPATEN SLEMANen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record