dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | WARDANA, MUHAMMAD DHIKA DAYU | |
dc.date.accessioned | 2019-07-13T03:15:47Z | |
dc.date.available | 2019-07-13T03:15:47Z | |
dc.date.issued | 2019-04-06 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/27966 | |
dc.description | Latar Belakang dan Tujuan : Kadaver merupakan jenazah yang telah diawetkan dan digunakan untuk kepentingan pembelajaran praktikum anatomi mahasiswa dengan latar pendidikan kesehatan. Tujuan penggunaan kadaver adalah untuk memberikan pengetahuan lebih mendetail dengan cara melakukan praktikum. Pada hakikatnya kadaver memiliki hak untuk dihormati sebagaimana jenazah orang yang sudah meninggal. Dengan demikian mahasiswa harus memiliki adab yang baik terhadap kadaver sebagaimana yang telah diatur oleh norma dan juga ilmu agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan mahasiswa mengenai praktikum anatomi dengan adab mahasiswa kepada kadaver di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan desain penelitian studi analitik observasional pendekatan cross sectional. Data yang digunakan berupa data primer yang didapatkan melalui kuesioner Pengetahuan Praktikum Anatomi Mahasiswa dan kuesioner Adab Mahasiswa Kepada Kadaver yang diberikan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UMY.
Hasil : Pengetahuan mahasiswa FKIK UMY mengenai praktikum anatomi rata-rata dalam kategori sedang, tetapi terdapat beberapa peraturan yang kurang disosialisasikan secara luas sehingga mahasiswa tidak mengetahui peraturan tersebut. Kemudian untuk indikator adab mahasiswa kepada kadaver juga berada dalam kategori sedang. Namun ada beberapa adab yang seharusnya dilakukan, tetapi tidak dihiraukan oleh mahasiswa karena beberapa faktor. Adab yang harusnya diperhatikan tersebut contohnya seperti memberi salam saat akan memasuki laboratorium anatomi dan mendoakan arwah kadaver.
Kesimpulan : Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara pengetahuan mengenai praktikum anatomi dengan adab mahasiswa kepada kadaver. | en_US |
dc.description.abstract | Background and Objectives : Cadaver is a body that has been preserved and used for practical learning of anatomy for medical student. The purpose of using cadaver is to provide more detailed knowledge by doing practicum. Cadaver essentialy has the right to be respected as the body of a deceased person. Thus students must have good adab on cadaver as prescribed by norms and also religious knowledge. This study aims to determine the relationship between student knowledge about anatomy practicum with student adab to cadaver at the Faculty of Medicine and Health Sciences, Muhammadiyah University of Yogyakarta.
Method : This research is a quantitative method with a cross sectional observational analytic study design. The data used is primary data that obtained through Student Knowledge about Practical Anatomy questionnaire and Student’s Adab to Kadaver questionnaire given to students of Medical Education Program of FKIK UMY.
Results : Knowledge of FKIK UMY students regarding anatomy practicum is moderate, but there are several regulations that are not widely disseminated so that students do not know the rules. Then for the student adab indicator to cadaver also showed moderate. But there are some rules that should be done, but ignored by students because of several factors. Adab which must be considered is for example giving greetings when entering the anatomy laboratory and praying for cadaveric spirits.
Conclusion : There was no significant relationship between knowledge and student’s adab to cadaver | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Knowledge, Anatomy Practicum, Adab, Students, Cadaver. | en_US |
dc.title | HUBUNGAN PENGETAHUAN MENGENAI PRAKTIKUM ANATOMI DENGAN ADAB MAHASISWA KEPADA KADAVER DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UMY | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
028 | en_US |