dc.contributor.advisor | ROCHIMAH, TRI HASTUTI NUR | |
dc.contributor.author | WIDIAWATI, ANIS SOFIA | |
dc.date.accessioned | 2019-07-15T02:45:05Z | |
dc.date.available | 2019-07-15T02:45:05Z | |
dc.date.issued | 2019-03-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28029 | |
dc.description | Penelitian ini menganalisis mengenai strategi promosi Dinas Pariwisata
Sleman dalam meningkatkan minat pengunjung objek wisata baru Lava Bantal
2017. Wisata Lava Bantal merupakan wisata baru yang berada di Berbah
kabupaten Sleman, dimana memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan dan
diperkenalkan kepada masyarakat luas, khususnya pada wisata edukasinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sejauhmana
strategi promosi Dinas Pariwisata Sleman dalam mempromosikan wisata Lava
Bantal tahun 2017 dengan meninjau pada beberapa faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dengan
pihak yang terlibat serta beberapa sumber dokumen yang diuji validitasnya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan
Dinas Pariwisata Sleman tahun 2017 yaitu menggunakan program promosi media
konvensional dan media sosial. Kelebihan dari penerapan strategi promosi wisata
Lava Bantal adalah publikasi dari media yang sangat membantu di samping
program-program yang telah ditetapkan. Setelah melakukan publikasi melalui
media mulut kemulut dari satu wisatawan kepada wisata lain juga dapat membantu
tercapainya tujuan yang ingin dicapai oleh wisata Lava Bantal. Kekurangan
penerapan strategi promosi adalah blom adalanya struktur organisasi dan
kurangnya komunikasi antar pengelola wisata Lava Bantal dengan Dinas Pariwisat
sehingga dapat menghambat kelancaran penerapan strategi promosi diwisata Lava
Bantal. Selain itu, evaluasi penerapan strategi promosi tidak dijalankan dengan
baik dan menyebabkan kurangnya perbaikkan dalam penerapan selanjutnya | en_US |
dc.description.abstract | This study analyzes the promotion strategy of the Sleman Tourism Office in
increasing visitors' interest in the new Lava Pillows 2017 tourist attraction. Lava
Pillow tourism is a new tour located in Berbah, Sleman, where it has tourism
potential that can be developed and introduced to the wider community, especially
in educational tourism . This study aims to describe and analyze the extent of the
Sleman Tourism Office's promotion strategy in promoting Lava Pillow tourism in
2017 by reviewing several supporting and inhibiting factors in its implementation.
This study uses a descriptive qualitative method, with data collection techniques
through interview methods with the parties involved and several sources of
documents that are tested for validity. The results of this study indicate that the
promotional activities carried out by the Sleman Tourism Office in 2017 are using
conventional media promotion programs and social media. The advantages of
implementing the Lava Pillow tourism promotion strategy are publications from
the media that are very helpful in addition to the programs that have been set.
After publishing through the mouth of the mouth media from one tourist to another
tour can also help achieve the goals to be achieved by Lava Pillow tourism. The
lack of implementation of the promotion strategy is the blom of the organizational
structure and the lack of communication between Lava Pillow tourism managers
and the Tourism Office so that it can hamper the smooth implementation of
tourism promotion strategies for Lava Pillow. In addition, the evaluation of the
implementation of the promotion strategy is not well implemented and causes a
lack of improvement in subsequent implementation. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | promotion strategy , visitor interest, new tour,tourist attractio | en_US |
dc.title | STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA SLEMAN OBJEK WISATA LAVA BANTAL DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG TAHUN 2017 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
195 | en_US |