Show simple item record

dc.contributor.advisorRASYID, HARYADI ARIEF NUUR
dc.contributor.authorFADHILAH, LUQYANA
dc.date.accessioned2019-07-15T03:08:16Z
dc.date.available2019-07-15T03:08:16Z
dc.date.issued2018-12-26
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28033
dc.descriptionI-Jogja merupakan perpustakaan digital yang dikelola oleh Badan Perpustakan dan Arsip daerah Yogyakarta yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan buku bacaan. Pada peluncuran tahun pertamanya I-Jogja masih kurang diminati masyarakat sehingga pada tahun 2017 BPAD selaku pengelola melakukan sosialisasi agar masyarakat tertarik untuk menggunakan I-Jogja. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif untuk mengungkap strategi komunikasi yang dilakukan BPAD Yogyakarta dalam mensosialisasikan I-Jogja. Sumber data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap dua informan dan dokumentasi berupa laporan kegiatan serta foto-foto yang menjadi bukti dalam aktivitas sosialisasi yang dilakukan BPAD Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan strategi komunikasi yang dilakukan Grahatama Pustaka tertata dimulai dari melakukan identifikasi masalah, menetapkan tujuan komunikasi, menyusun pesan, serta menentukan saluran komunikasi untuk menyebarkan informasi pesan yang ingin disampaikan kepada pemustaka yang menjadi target audiens dalam kegiatan strategi komunikasi. Pelaksanaan kegiatan strategi komunikasi, Grahatama Pustaka menggunakan beberapa media seperti media digital, media printed dan seminar sebagai sarana menyebarkan informasi seperti seminar atau diskusi publik yang dinilai dapat disebarkan melalui media berdasarkan target sasaran.en_US
dc.description.abstractI-Jogja is a digital library managed by the Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Yogyakarta which aims to make it easier for people to get reading books. In the first year launch I-Jogja was still less attractive to the public so that in 2017 BPAD as the organizer conducted a socialization so that the community was interested in using I-Jogja. The type of research used is descriptive qualitative to reveal the communication strategies carried out by BPAD Yogyakarta in socializing I-Jogja. The data sources in this study are interviews and documentation. Interviews were conducted on two informants and documentation in the form of activity reports and photographs that were evidence in the socialization activities carried out by BPAD Yogyakarta. The results of the study show that the communication strategy activities carried out by Grahatama organized library starts from identifying problems, establishing communication objectives, composing messages, and determining communication channels to disseminate information about messages to be conveyed to users who are the target audience in communication strategy activities. Implementation of communication strategy activities, Grahatama Library uses several media such as digital media, printed media and seminars as a means of disseminating information such as seminars or public discussionsen_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCommunication Strategy, Socialization, I-Jogjaen_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI DINAS BPAD YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN I-JOGJA TAHUN 2017en_US
dc.typeThesis SKR 175en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record