Show simple item record

dc.contributor.advisorMUKTAF, ZEIN MUFARRIH
dc.contributor.authorSARI, RENY YUNITA
dc.date.accessioned2019-07-15T06:12:16Z
dc.date.available2019-07-15T06:12:16Z
dc.date.issued2019-03-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28043
dc.descriptionGawai dayak merupakan perayaan yang diadakan di Kalimantan Barat dan Serawak oleh suku asli Kalimantan Barat dan Serawak, terutama Iban dan Dayak Darat. Penelitian ini mengkaji strategi promosi yang dilakukan oleh Kota Pontianak dalam meningkatkan pengunjung event. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dengan melakukan wawancara kepada dua orang informan dan mengumpulkan arsip, foto, dan literatur yang berhubungan dengan aktivitas promosi. Hasil penelitian menunjukan dalam merencanakan promosi langkah awal yang dilakukan menetapkan target pengunjung event gawai dayak pada masyarakat Kalimantan Barat dikarenakan gawai dayak merupakan adat istiadat dari suku asli dayak. Tujuan promosi sebagai pengingat bagi masyarakat terhadap penyelenggaraan event. Proses perancangan pesan menggunakan prinsip suku dayak hal ini dinilai memiliki nilai dalam menarik masyarakat suku dayak agar secara tidak langsung memaksa masyarakat tersebut untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan event gawai dayak. Penggunaan media periklanan seperti baleho dan poster dapat menjangkau secara massif target audiens di titik pusat aktivitas publik. Sosial media dilakukan sebagai media pendukung dalam kegiatan promosi dengan melibatkan para volunteer dan komunitas dari berbagai daerah untuk membuat suatu postingan sehingga dapat dilihat dan diketahui para pengguna media sosial. Proses evaluasi dilakukan dengan membuat laporan pertanggung jawaban pelaksanaan dan penggunaan anggaran.en_US
dc.description.abstractGawai dayak is a celebration held in West Kalimantan and Sarawak by indigenous West Kalimantan and Sarawak tribes, especially Iban and Dayak Darat. This study examines the promotion strategy carried out by Kota Pontianak in increasing event visitors. The type of research used is descriptive qualitative by collecting data in the form of interviews and documentation studies. Source of data by conducting interviews with two informants and collecting archives, photos and literature related to promotional activities. The results of the study showed that in planning the promotion the initial steps were taken to determine the target visitors of the Gawai Dayak event for the people of West Kalimantan because the Dayak gadgets were the customs of the indigenous Dayak tribe. The purpose of promotion is a reminder for the community of organizing events. The process of designing messages using Dayak tribe principles is considered to have value in attracting Dayak tribes so that they indirectly force the community to participate in the dayak gawai event. The use of advertising media such as Baleo and posters can reach massively the target audience at the center of public activity. Social media is carried out as a supporting media in promotional activities by involving volunteers and communities from various regions to make posts so that they can be seen and known by social media users. The evaluation process is carried out by making an accountability report on the implementation and use of the budget.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategy Promotion, Kota Pontianak, Gawai Dayaken_US
dc.titleSTRATEGI PROMOSI KOTA PONTIANAK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG EVENT PEKAN GAWAI DAYAK PADA TAHUN 2017en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 217en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record