Show simple item record

dc.contributor.advisorSHODIQ, SADAM FAJAR
dc.contributor.authorFARIDI, MUHAMMAD
dc.date.accessioned2019-07-30T01:45:39Z
dc.date.available2019-07-30T01:45:39Z
dc.date.issued2019-03-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28202
dc.descriptionPenelitian ini berjudul “Pemikiran Buya Hamka Tentang Pendidikan Karakter di dalam Buku Pribadi Hebat dan Relevansinya dengan Pendidikan Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan karakter yang ada di dalam karya beliau yang berjudul Pribadi Hebat terhadap relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer penelitian ini adalah buku karya Buya Hamka berjudul “Pribadi Hebat”. Sedangkan data sekunder yaitu berasal dari buku yang bertemakan pendidikan karakter yakni Thomas Lickona, Samsul Kurniawan, Doni Koesoema, dan Fathul Mu’in, juga buku karangan Irfan Hamka, Haidar Musyafa, Syukur dan Ara Guci yang secara khusus membahas biografi tokoh. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan; (1) konsep pendidikan karakter di dalam buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka mengandung sepuluh unsur karakter, yakni: menarik, cerdik, empati, berani, bijaksana, berpandangan baik, tahu diri, kesehatan tubuh, komunikatif, dan percaya diri. (2) Konsep pendidikan karakter dalam buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka memiliki relevansi dengan makna Pendidikan Nasional yang mengharuskan peserta didik untuk mengembangkan kepribadian dan akhlak mulia sebagaimana yang terdapat di dalam Pribadi Hebat.en_US
dc.description.abstractThis research title is “The Thought of Buya Hamka about Character Building in the Book of Pribadi Hebat and Its Relevance with Education in Indonesia”. This research aims at describing the concept of character building in his work entitled Pribadi Hebat towards its relevance with character building in Indonesia. This research was library research in nature with descriptive qualitative approach. The primary data of the research were from the book of Buya Hamka entitled Pribadi Hebat. Meanwhile, the secondary data were from the books with character building theme written by Thomas Lickona, Samsul Kurniawan, Doni Koesoema, and Fathul Mu’in. Besides, there were also the books of Irfan Hamka, Haidar Musyafa, Syukur and Ara Guci that specifically discussed the biography of public figures. From the result of the research, the researcher concludes that: (1) the concept of character building in Pribadi Hebat book by Buya Hamka contains ten elements of character, i.e.: attractive, clever, emphatic, brave, wise, having good point of view, humble, healthy, communicative and confident. (2) the concept of character building in Pribadi Hebat book by Buya Hamka has relevance with the meaning of National Education that obliges the students to develop noble personality and morals as stated in Pribadi Hebat.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCharacter Building, Buya Hamka, and Pribadi Hebaten_US
dc.titlePEMIKIRAN BUYA HAMKA TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM BUKU PRIBADI HEBAT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI INDONESIAen_US
dc.typeThesis SKR 151en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record