dc.contributor.advisor | SHODIQ, SADAM FAJAR | |
dc.contributor.author | FARIDI, MUHAMMAD | |
dc.date.accessioned | 2019-07-30T01:45:39Z | |
dc.date.available | 2019-07-30T01:45:39Z | |
dc.date.issued | 2019-03-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28202 | |
dc.description | Penelitian ini berjudul “Pemikiran Buya Hamka Tentang Pendidikan Karakter di
dalam Buku Pribadi Hebat dan Relevansinya dengan Pendidikan Indonesia”. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan karakter yang ada di dalam karya beliau
yang berjudul Pribadi Hebat terhadap relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Data primer penelitian ini adalah buku karya Buya Hamka berjudul
“Pribadi Hebat”. Sedangkan data sekunder yaitu berasal dari buku yang bertemakan
pendidikan karakter yakni Thomas Lickona, Samsul Kurniawan, Doni Koesoema, dan Fathul
Mu’in, juga buku karangan Irfan Hamka, Haidar Musyafa, Syukur dan Ara Guci yang secara
khusus membahas biografi tokoh.
Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan; (1) konsep pendidikan karakter di
dalam buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka mengandung sepuluh unsur karakter, yakni:
menarik, cerdik, empati, berani, bijaksana, berpandangan baik, tahu diri, kesehatan tubuh,
komunikatif, dan percaya diri. (2) Konsep pendidikan karakter dalam buku Pribadi Hebat
karya Buya Hamka memiliki relevansi dengan makna Pendidikan Nasional yang
mengharuskan peserta didik untuk mengembangkan kepribadian dan akhlak mulia
sebagaimana yang terdapat di dalam Pribadi Hebat. | en_US |
dc.description.abstract | This research title is “The Thought of Buya Hamka about Character Building in the
Book of Pribadi Hebat and Its Relevance with Education in Indonesia”. This research aims
at describing the concept of character building in his work entitled Pribadi Hebat towards its
relevance with character building in Indonesia.
This research was library research in nature with descriptive qualitative approach.
The primary data of the research were from the book of Buya Hamka entitled Pribadi Hebat.
Meanwhile, the secondary data were from the books with character building theme written
by Thomas Lickona, Samsul Kurniawan, Doni Koesoema, and Fathul Mu’in. Besides, there
were also the books of Irfan Hamka, Haidar Musyafa, Syukur and Ara Guci that specifically
discussed the biography of public figures.
From the result of the research, the researcher concludes that: (1) the concept of
character building in Pribadi Hebat book by Buya Hamka contains ten elements of
character, i.e.: attractive, clever, emphatic, brave, wise, having good point of view, humble,
healthy, communicative and confident. (2) the concept of character building in Pribadi Hebat
book by Buya Hamka has relevance with the meaning of National Education that obliges the
students to develop noble personality and morals as stated in Pribadi Hebat. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Character Building, Buya Hamka, and Pribadi Hebat | en_US |
dc.title | PEMIKIRAN BUYA HAMKA TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER DI DALAM BUKU PRIBADI HEBAT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
151 | en_US |