Show simple item record

dc.contributor.advisorYAMIN, NURUL
dc.contributor.authorARIYANTI, EKA
dc.date.accessioned2019-07-30T02:09:38Z
dc.date.available2019-07-30T02:09:38Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28207
dc.descriptionPenelitian ini berjudul Komik Sebagai Media Dakwah; Studi Analisis Iqomik di Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang terkandung dalam setiap postingan Iqomic di Instagram dan menganalisisnya berdasarkan analisis wacana model teori Van Djik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik analisis wacana model Teun A. Van Djik. Dalam model A. Van Dijk, pesan atau teks komunikasi dapat dilihat makna yang tersembunyi dari suatu teks, baik dari segi struktur teks (tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris), segi kognisi sosial, dan segi konteks sosial. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pesan dakwah yang terdapat dalam postingan iqomic yaitu persoalan akhlak, kemudian syari’ah, aqidah dan mu’amalah. Dari analisis struktur makro terdapat 9 tematik atau topik yang diangkat yang mengandung pesan aqidah. Kemudian juga terdapat 10 topik yang mengandung pesan syari’ah, 5 topik mengandung pesan mu’amalah dan 24 topik mengenai pesan akhlak. Dari seluruh postingan yang menonjol, banyak menggunakan metode dakwah Mauidza Hasanah dan Al-Hikmah. Melalui ajakan, nasihat dan hikmah menjadi strategi dakwah komikus. Postingan yang diunggah iqomic juga terdapat seluruh elemen pada struktur mikro, seperti latar, detail, maksud, pengandaian, koherensi, leksikon, dan grafis. Melalui akun Iqomic, iqomic juga melibatkan visi misi komikus atau komunitas iqomic tersebut untuk menginspirasi kebaikan dan menunjukkan Islam sebagai Rahmatan lil Alamin.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul Komik Sebagai Media Dakwah; Studi Analisis Iqomik di Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang terkandung dalam setiap postingan Iqomic di Instagram dan menganalisisnya berdasarkan analisis wacana model teori Van Djik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik analisis wacana model Teun A. Van Djik. Dalam model A. Van Dijk, pesan atau teks komunikasi dapat dilihat makna yang tersembunyi dari suatu teks, baik dari segi struktur teks (tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris), segi kognisi sosial, dan segi konteks sosial. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pesan dakwah yang terdapat dalam postingan iqomic yaitu persoalan akhlak, kemudian syari’ah, aqidah dan mu’amalah. Dari analisis struktur makro terdapat 9 tematik atau topik yang diangkat yang mengandung pesan aqidah. Kemudian juga terdapat 10 topik yang mengandung pesan syari’ah, 5 topik mengandung pesan mu’amalah dan 24 topik mengenai pesan akhlak. Dari seluruh postingan yang menonjol, banyak menggunakan metode dakwah Mauidza Hasanah dan Al-Hikmah. Melalui ajakan, nasihat dan hikmah menjadi strategi dakwah komikus. Postingan yang diunggah iqomic juga terdapat seluruh elemen pada struktur mikro, seperti latar, detail, maksud, pengandaian, koherensi, leksikon, dan grafis. Melalui akun Iqomic, iqomic juga melibatkan visi misi komikus atau komunitas iqomic tersebut untuk menginspirasi kebaikan dan menunjukkan Islam sebagai Rahmatan lil Alamin.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKomik, Pesan dakwah, Instagram, Iqomic, Analisis wacana Van Djik.en_US
dc.titleKOMIK SEBAGAI MEDIA DAKWAH STUDI ANALISIS PESAN DAKWAH “IQOMIC” DI INSTAGRAMen_US
dc.typeThesis SKR 036en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record