dc.contributor.advisor | KAMARDIANI, DIAH RINA | |
dc.contributor.advisor | SUSANAWATI, SUSANAWATI | |
dc.contributor.author | RAMADHAN, SACHRUL | |
dc.date.accessioned | 2019-08-21T03:13:42Z | |
dc.date.available | 2019-08-21T03:13:42Z | |
dc.date.issued | 2019-03-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28337 | |
dc.description | Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui profil konsumen, motivasi konsumen, serta hubungan
motivasi dengan jumlah pembelian dan nilai pembelian konsumen Chocolate
Monggo. Pengumpulan data primer dilakukan pada 60 konsumen di showroom
Kotagede dengan teknik accidental sampling. Data yang didapat dianalisis dengan
analisis deskriptif dan analisis Rank Spearman. Hasil penelitian menyatakan bahwa
konsumen Chocolate Monggo didominasi perempuan, berusia 24-30 tahun,
sebagian konsumen adalah wisatawan, konsumen menempuh pendidikan terakhir
di PT, konsumen memiliki pekerjaan sebagai pegawai negeri/swasta, dan konsumen
memiliki pendapatan sebesar Rp 3.600.000 - Rp 6.500.000 per bulan. Motivasi
konsumen dalam membeli produk Chocolate Monggo terbilang tinggi. Motivasi
konsumen ini berasal dari cita rasa pada kategori sangat tinggi. Selanjutnya kualitas,
kelompok referensi, penampilan, harga, dan pelayanan pada kategori tinggi.
Sedangkan kebiasaan serta rasa bangga berada pada kategori sedang dan promosi
berada pada kategori rendah. Hubungan rasa bangga, kualitas, dan kebiasaan
dengan jumlah pembelian dan nilai pembelian adalah cukup kuat dan positif.
Selanjutnya hubungan harga, pelayanan, kelompok referensi, penampilan, dan cita
rasa dengan jumlah pembelian dan nilai pembelian adalah sangat lemah dan positif.
Sedangkan hubungan promosi dengan jumlah pembelian dan nilai pembelian
adalah sangat lemah dan negatif. | en_US |
dc.description.abstract | This research
aims to determine consumer profiles, consumer motivation, and the relationship of
motivation with the number of purchases and the value of consumer purchases of
Chocolate Monggo. Primary data collection was conducted on 60 consumers in the
Kotagede showroom with accidental sampling technique. The results of the study
state that consumers of Chocolate Monggo are dominated by women, aged 24-30
years, the majority of consumers are tourists, consumers take the last education in
college, consumers have jobs as public / private employees, and consumers have
income of Rp. 3,600,000 - Rp. 6,500 .000 / month. The motivation of consumers to
buy Chocolate Monggo products is high. This consumer motivation comes from
taste in the very high category. Furthermore, quality, reference group, appearance,
price, and service are in the high category. While the habits and pride are in the
medium category and promotion is in the low category. The amount of purchase
and value of purchase has a relationship with quality, pride, and habits with the
strength of the relationship is quite strong. Furthermore, the number of purchases
and the value of purchases have no relation to price, service, reference group,
appearance, and taste. While promotion has no relationship with the number of
purchases and the value of purchases and is negative. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | consumer motivation, Chocolate Monggo, purchase | en_US |
dc.title | MOTIVASI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK CHOCOLATE MONGGO DI YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FP
51 | en_US |