STRATEGI SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI DI THE ARNAWA HOTEL PANGANDARAN TAHUN 2017
Abstract
Budaya organisasi merupakan kristalisasi filosofi yang dianut suatu korporasi atau organisasi untuk membantu organisasi mencapai tujuan. Oleh karena itu, The Arnawa Hotel memiliki 5 poin budaya organisasi yaitu poin integritas, professional, keselamatan, inovasi dan pelayanan prima yang mereka gunakan untuk menjadi pedoman selama bekerja di The Arnawa Hotel Pangandaran. Karena budaya organisasi ini termasuk baru diciptakan, maka dibuatlah program sosialisasi untuk menyampaikan 5 poin budaya organisasi ini kepada seluruh karyawan, supaya budaya organisasi ini dapat menjadi pedoman atau nilai yang harus dimiliki seluruh staff ketika bekerja di The Arnawa Hotel.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, diawali dengan reduksi data, penyajian data dan analisis data kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu The Arnawa Hotel Pangandaran yang merupakan perusahaan penyedia jasa hotel. Pengambilan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sementara pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan dokumentasi yang dimiliki The Arnawa Hotel Pangandaran.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan sosialisasi budaya organisasi di The Arnawa Hotel Pangandaran sudah cukup berjalan dengan baik, yang dapat dilihat dari berkurangnya pelanggaran karena adanya kegiatan role play dan komentar-komentar dari para tamu menjadi lebih baik. Namun di sisi lain, penilaian evaluasi yang dilakukan The Arnawa Hotel masih dirasa memiliki kekurangan yang harus dilengkapi dimana tidak adanya evaluasi khusus yang menjadikan program ini tidak mempunyai review atau penilaian dari berjalannya program sosialisasi ini.