dc.contributor.advisor | SYAHRURAMDHANI, SYAHRURAMDHANI | |
dc.contributor.author | FIRDAUS, MAZID RAMDHANI | |
dc.date.accessioned | 2019-08-31T03:15:34Z | |
dc.date.available | 2019-08-31T03:15:34Z | |
dc.date.issued | 2019-05-23 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28490 | |
dc.description | Latar Belakang. Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan ujian keterampilan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan cara penilaian berdasarkan keterampilan yang diobservasi pada saat melakukan keterampilan klinis, sehingga dapat mempengaruhi kecemasan pada mahasiswa menghadapi ujian OSCE. Kcemasan merupakan masalah yang perlu dilakukan penanganan. Intervensi zikir merupakan dari tehnik outogenik, meditasi yang dapat menurunkan kecemasan secara signifikan
Tujuan Penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zikir terhadap tingkat kecemasan pada mahasiswa.
Metodologi. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan desain Pre-Post Test With Control Group menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 orang dengan metode pengambilan sampel Simple Random Sampling sebanyak 52 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok: 26 kelompok kontrol dan 26 kelompok intervensi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan adalah menggunakan ZSAR-S (Zung Self Anxiety Rating-Scale). Tes statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcoxon dan Mann-Whitney.
Hasil. Analsis data menggunakan uji Mann-Whitney pada kelompok kontrol dan intervensi diperoleh hasil p value 0.004 (p ≤ 0.05) yang artinya ada perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi secara signifikan. Hasil uji statistik Wilxocon. Menunjukan ada pengaruh tingkat kecemasan sebelum dan setelah diberikan intervensi zikir dengan nilai p 0,000 (p ≤ 0.05) secara signifikan.
Kesimpulan. Ada pengaruh zikir terhadap tingkat kecemasan pada mahasiswa | en_US |
dc.description.abstract | Background Objective Structured Clinical Examination (OSCE) is a skill test conducted by students by means of assessment based on the skills observed when performing clinical skills, so that it can affect anxiety in students who face the OSCE exam. anxiety is a problem that needs to be addressed. Remembrance intervention is an outogenic technique, meditation that can reduce anxiety.
Research purposes. This study aims to determine the effect of remembrance on the level of anxiety in students.
Methodology. This type of research is Quasy Eksperiment with the Pre-Post Test With Control Group design using the Cross Sectional approach. The population in this study amounted to 105 people with the sampling method Simple Random Sampling as many as 52 people who met the inclusion criteria. The sample in this study was divided into two groups: 26 control groups and 26 intervention groups. The instrument used to measure anxiety levels is to use ZSAR-S (Zung Self Anxiety Rating-Scale). The statistical tests used in this study were Wilcoxon and Mann-Whitney
Results. Mann-Whitney test in the control and intervention groups obtained results of p value 0.004 (p ≤ 0.05) which means that there were significant differences between the control group and the intervention group significantly. Wilxocon statistical test results. Shows there is an influence on the level of anxiety before and after the remembrance intervention given with a value of p 0,000 (p ≤ 0.05) significantly.
Conclusion. There is a difference in remembrance of challenging levels in students. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | OSCE, Anxiety, Zikir | en_US |
dc.title | PENGARUH ZIKIR TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA YANG MENGHADAPI UJIAN OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (PSIK) ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
145 | en_US |