IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBINAAN LEMBAGA PENGEMBANGAN TILAWATIL QUR’AN (LPTQ) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program
pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Daerah
Istimewa Yogyakarta Tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek/responden dalam penelitian ini yaitu peserta, pengurus LPTQ Provinsi DIY
dan anggota pelatih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi, dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi
data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembinaan
Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta Tahun 2018 sudah cukup baik dalam menjalankan tugasnya, di
antaranya dari proses seleksi yang dimulai dari kecamatan, tingkat Kabupaten,
kemudian tingkat provinsi. Ada beberapa faktor pendukung yang dilakukan oleh
Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta Tahun 2018, yaitu Pemerintah daerah mendukung penuh pendanaan
mulai dari pelaksanaan lomba dari tahap awal (kecamatan, kabupaten, provinsi).
Selain itu pendanaan atas pembinaan yang dilakukan pasca MTQ Provinsi juga
didukung penuh sampai berangkatnya ke Nasional (termasuk uang saku peserta).
Tidak hanya materi, pemerintah juga mendukung diadakannya pembinaan yang
bersifat baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya (contohnya adanya
motivator yang luar biasa yang membuat peserta menjadi fresh dan semangat.
Selain faktor pendukung, juga terdapat beberapa faktor kendala LPTQ DIY tidak
mempunyai tempat dan jadwal yang pasti untuk pelatihan. Jadi pelatih kadang
secara insidental memberitahukan kepada peserta untuk berlatih. Padahal peserta
juga mempunyai kegiatan masing-masing di luar, sehingga untuk mencocokan
waktu latihan masih menjadi kendala.