PREFERENSI KONSUMEN TEMPE DI PASAR GIWANGAN KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui karakteristik konsumen, atribut tempe yang menjadi preferensi
konsumen, dan atribut yang paling dipertimbangkan dalam pembelian tempe
kemasan daun pisang dan plastik di Pasar Giwangan Kota Yogyakarta. Metode
yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan jumlah
responden 100 orang. Hasil dari penelitian berupa karakteristik konsumen yang
membeli tempe kemasan daun pisang yaitu konsumen dengan jenis kelamin
perempuan dengan usia tergolong muda, pendidikan terakhir berupa SMA,
dengan pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa, pendapatan kurang dari Rp
3.500.000, jumlah anggota keluarga sebanyak 1-4 orang sedangkan karakteristik
konsumen tempe kemasan plastik yaitu konsumen dengan jenis kelamin
perempuan dengan usia tergolong muda, pendidikan terakhir berupa SMA,
dengan pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa, pendapatan kurang dari Rp
3.500.000, jumlah anggota 1-2 dan >4 orang. Atribut tempe kemasan daun pisang
yang menjadi preferensi konsumen yaitu tempe yang berbentuk persegi panjang,
ukuran sedang (11-20cm), harga Rp 1.000 – Rp 4.000, dan tekstur sedang. Atribut
tempe kemasan plastik yang menjadi preferensi konsumen yaitu tempe yang
berbentuk persegi panjang, ukuran sedang (20-25 cm), harga < Rp 2.500, tekstur
sedang, dan label perlu dicantumkan dengan informasi cukup lengkap (merek,
nomor telefon, dan alamat produksi). Atribut tempe kemasan daun pisang yang
paling dipertimbangkan oleh konsumen yaitu atribut harga Rp 1.000 – Rp 4.000,
sedangkan atribut tempe kemasan plastik yang paling dipertimbangkan oleh
konsumen yaitu atribut tekstur (tekstur sedang).