dc.contributor.advisor | SANTOSA, ERWIN | |
dc.contributor.advisor | NOOR, HAFNI ZUCHRA | |
dc.contributor.author | PRATIWI, DHINI | |
dc.date.accessioned | 2019-09-02T03:30:11Z | |
dc.date.available | 2019-09-02T03:30:11Z | |
dc.date.issued | 2014-02-28 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28546 | |
dc.description | Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa diperlukan sumberdaya manusia
yang baik dan berkualitas. Sehingga sejak manusia (anak) masih ada dalam
kandungan sudah dipantau pertumbuhannya. Apabila ada suatu kelainan bisa
segera diketahui dan dicarikan upaya untuk mengatasinya. Untuk itulah harus
diciptakan anak berkualitas dan mempunyai pertumbuhan dan perkembangan
yang optimal.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan
kemampuan motorik anak yang diasuh orangtua dan yang diasuh TPA
Penelitian menggunakan metode observasi cross sectional. Sampel terdiri dari 30
orang yang terdiri dari 7 orang kelompok yang diasuh orangtua dan sisanya 23
orang kelompok diasuh pengasuh. Data dinilai dengan tes Denver menggunakan 1
set alat tes Denver. Hasil dari tes Denver akan menunjukkan perkembangan anak
yang normal suspek dan tidak dapat diuji. Perbedaan nilai perkembangan motorik
antara kelompok dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.
Tingkat tumbuh kembang anak antara kelompok diasuh orangtua dan diasuh
pengasuh tidak berbeda secara bermakna (p=0,141). Terdapat berbagai faktor
yang saling memiliki keterukatan untuk mempengaruhi perkembangan motorik
anak selain pola asuh. Faktor faktor disamping dari pola asuh tersebut
memungkinkan kenapa hasil uji perkembangan motorik anak terkait dengan pola
asuh tidak didapatkan perbedaan yang bermakna. | en_US |
dc.description.abstract | In order to educated the nation’s life, good and quality human resources are
needed. So that since humans (children) are still in the womb the growth has been
monitored. If there is an abnormality, it can be immediately known and an attempt
is made be created and have optimal growth and development. Purpose this
research was determine the differences in motor skills of children with in the of
parents and TPA.
The research uses observation cross sectional method. Sample consist of 30
people which divided into 7 people who raised by parents and remainder 23
people raised by TPA. Data rated by using one set tool of Denver test. The result
of Denver test would show thw development of children who are value among the
groups who analysis by using Chi-Square test.
The level of development of the child between the group who raised by
parents and raised by TPA did not differ significantly (p=0,157). There are many
factors which related each other to influence the children motor development
besides parenting. Factors beside parenting may accur why the result of children
motor development test which related to parenting do not findthe significant
differences. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Motoric skill, Parenting, Parents, TPA | en_US |
dc.title | PERBEDAAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK YANG DIASUH ORANGTUA DENGAN DITITIPKAN DI TPA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
209 | en_US |