Show simple item record

dc.contributor.advisorSANTOSA, ERWIN
dc.contributor.advisorNOOR, HAFNI ZUCHRA
dc.contributor.authorPRATIWI, DHINI
dc.date.accessioned2019-09-02T03:30:11Z
dc.date.available2019-09-02T03:30:11Z
dc.date.issued2014-02-28
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28546
dc.descriptionDalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa diperlukan sumberdaya manusia yang baik dan berkualitas. Sehingga sejak manusia (anak) masih ada dalam kandungan sudah dipantau pertumbuhannya. Apabila ada suatu kelainan bisa segera diketahui dan dicarikan upaya untuk mengatasinya. Untuk itulah harus diciptakan anak berkualitas dan mempunyai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan motorik anak yang diasuh orangtua dan yang diasuh TPA Penelitian menggunakan metode observasi cross sectional. Sampel terdiri dari 30 orang yang terdiri dari 7 orang kelompok yang diasuh orangtua dan sisanya 23 orang kelompok diasuh pengasuh. Data dinilai dengan tes Denver menggunakan 1 set alat tes Denver. Hasil dari tes Denver akan menunjukkan perkembangan anak yang normal suspek dan tidak dapat diuji. Perbedaan nilai perkembangan motorik antara kelompok dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Tingkat tumbuh kembang anak antara kelompok diasuh orangtua dan diasuh pengasuh tidak berbeda secara bermakna (p=0,141). Terdapat berbagai faktor yang saling memiliki keterukatan untuk mempengaruhi perkembangan motorik anak selain pola asuh. Faktor faktor disamping dari pola asuh tersebut memungkinkan kenapa hasil uji perkembangan motorik anak terkait dengan pola asuh tidak didapatkan perbedaan yang bermakna.en_US
dc.description.abstractIn order to educated the nation’s life, good and quality human resources are needed. So that since humans (children) are still in the womb the growth has been monitored. If there is an abnormality, it can be immediately known and an attempt is made be created and have optimal growth and development. Purpose this research was determine the differences in motor skills of children with in the of parents and TPA. The research uses observation cross sectional method. Sample consist of 30 people which divided into 7 people who raised by parents and remainder 23 people raised by TPA. Data rated by using one set tool of Denver test. The result of Denver test would show thw development of children who are value among the groups who analysis by using Chi-Square test. The level of development of the child between the group who raised by parents and raised by TPA did not differ significantly (p=0,157). There are many factors which related each other to influence the children motor development besides parenting. Factors beside parenting may accur why the result of children motor development test which related to parenting do not findthe significant differences.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectMotoric skill, Parenting, Parents, TPAen_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK YANG DIASUH ORANGTUA DENGAN DITITIPKAN DI TPAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 209en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record