PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL
Abstract
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, banyak pengaruh yang dirasakan oleh
manusia pada saat ini. Namun, kemajuan teknologi tidak diiringi dengan kesadaran dalam diri
pengguna untuk menggunakan manfaatnya dengan baik. Faktor lingkungan dan bimbingan orang
tua dalam penggunaan smartphone juga mempengaruhi kemampuan remaja dalam bersosialisasi
terutama dalam berkomunikasi verbal dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap kemampuan komunikasi.
Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif kausal. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Bantul yang berjumlah 120 siswa.
Subjek yang digunakan berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel, menggunakan simple
random sampling, menurut Arkunto jika jumlah populasi yang akan diteliti lebih dari 100, maka
dapat di ambil 10%-15% atau 20-25% atau lebih. Pada penelitian ini, diambil 30% dari jumlah
populasi siswa kelas XII SMA muhammadiyah Bantul. Teknik pengambilan data menggunakan
angket intensitas penggunaan smartphone dan kemampuan komunikasi. Analisis data
menggunakan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan
antara penggunaan smartphone terhadap kemampuan komunikasi siswa. Kesimpulan tersebut
terlihat dari hasil uji Regresi yang berjumlah 0.000<0.05, sehingga Ha diterima. Tingkat pengaruh
penggunaan smartphone terhadap kemampuan komunikasi sebesar 63,2% sedangkan faktor lain
yang mempengaruhi sebesar 36,8%.