dc.contributor.advisor | HASAN, YUSUF ABDUL | |
dc.contributor.author | IBRAHIM, ALFATIH MALIK | |
dc.date.accessioned | 2019-09-10T02:01:14Z | |
dc.date.available | 2019-09-10T02:01:14Z | |
dc.date.issued | 2019-02-28 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28729 | |
dc.description | ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi sosial
sukarelawan pendidikan yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Jogja, dan
mengetahui kontribusi apa saja yang telah Komunitas 1000 Guru Jogja berikan pada
masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sukarelawan
pendidikan yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Jogja sudah memiliki
kompetensi sosial yang baik. Hal tersebut dilihat dari kemampuan sukarelawan
berkomunikasi secara efektif dan santun, beradaptasi dengan lingkungan, bergaul
secara efektif, bersikap dan bertindak secara objektif, interaksi dengan peserta didik,
sesama tenaga pendidik, orang tua peserta didik serta masyarakat. Kontribusi yang
diberikan Komunitas 1000 Guru Jogja kepada masyarakat meliputi 3 bidang yaitu
pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Terdapat 3 program yang menjadi unggulan
dari komunitas ini yaitu Traveling and Teaching, Smart Center dan Medical Camp.
Selain 3 program unggulan, terdapat juga program yang sifatnya insidental seperti
galang dana untuk korban bencana. | en_US |
dc.description.abstract | ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi sosial
sukarelawan pendidikan yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Jogja, dan
mengetahui kontribusi apa saja yang telah Komunitas 1000 Guru Jogja berikan pada
masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sukarelawan
pendidikan yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Jogja sudah memiliki
kompetensi sosial yang baik. Hal tersebut dilihat dari kemampuan sukarelawan
berkomunikasi secara efektif dan santun, beradaptasi dengan lingkungan, bergaul
secara efektif, bersikap dan bertindak secara objektif, interaksi dengan peserta didik,
sesama tenaga pendidik, orang tua peserta didik serta masyarakat. Kontribusi yang
diberikan Komunitas 1000 Guru Jogja kepada masyarakat meliputi 3 bidang yaitu
pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Terdapat 3 program yang menjadi unggulan
dari komunitas ini yaitu Traveling and Teaching, Smart Center dan Medical Camp.
Selain 3 program unggulan, terdapat juga program yang sifatnya insidental seperti
galang dana untuk korban bencana. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | SUKARELAWAN PENDIDIKAN, KOMPETENSI SOSIAL | en_US |
dc.title | KOMPETENSI SOSIAL SUKARELAWAN PENDIDIKAN DAN KONTRIBUSINYA PADA MASYARAKAT | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
154 | en_US |