Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUSUF ABDUL
dc.contributor.authorIBRAHIM, ALFATIH MALIK
dc.date.accessioned2019-09-10T02:01:14Z
dc.date.available2019-09-10T02:01:14Z
dc.date.issued2019-02-28
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/28729
dc.descriptionujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi sosial sukarelawan pendidikan yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Jogja, dan mengetahui kontribusi apa saja yang telah Komunitas 1000 Guru Jogja berikan pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sukarelawan pendidikan yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Jogja sudah memiliki kompetensi sosial yang baik. Hal tersebut dilihat dari kemampuan sukarelawan berkomunikasi secara efektif dan santun, beradaptasi dengan lingkungan, bergaul secara efektif, bersikap dan bertindak secara objektif, interaksi dengan peserta didik, sesama tenaga pendidik, orang tua peserta didik serta masyarakat. Kontribusi yang diberikan Komunitas 1000 Guru Jogja kepada masyarakat meliputi 3 bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Terdapat 3 program yang menjadi unggulan dari komunitas ini yaitu Traveling and Teaching, Smart Center dan Medical Camp. Selain 3 program unggulan, terdapat juga program yang sifatnya insidental seperti galang dana untuk korban bencana.en_US
dc.description.abstractujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi sosial sukarelawan pendidikan yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Jogja, dan mengetahui kontribusi apa saja yang telah Komunitas 1000 Guru Jogja berikan pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sukarelawan pendidikan yang tergabung dalam Komunitas 1000 Guru Jogja sudah memiliki kompetensi sosial yang baik. Hal tersebut dilihat dari kemampuan sukarelawan berkomunikasi secara efektif dan santun, beradaptasi dengan lingkungan, bergaul secara efektif, bersikap dan bertindak secara objektif, interaksi dengan peserta didik, sesama tenaga pendidik, orang tua peserta didik serta masyarakat. Kontribusi yang diberikan Komunitas 1000 Guru Jogja kepada masyarakat meliputi 3 bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan pariwisata. Terdapat 3 program yang menjadi unggulan dari komunitas ini yaitu Traveling and Teaching, Smart Center dan Medical Camp. Selain 3 program unggulan, terdapat juga program yang sifatnya insidental seperti galang dana untuk korban bencana.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectSUKARELAWAN PENDIDIKAN, KOMPETENSI SOSIALen_US
dc.titleKOMPETENSI SOSIAL SUKARELAWAN PENDIDIKAN DAN KONTRIBUSINYA PADA MASYARAKATen_US
dc.typeThesis SKR 154en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record